Pembekalan Pendampingan Keluarga

Paroki Sragen (LENTERA) -Tim Kerja Pendamping Keluarga Paroki Sragen mengadakan kegiatan pembekalan pendamping keluarga. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu (28/2) dan bertempat di Aula SMP Saverius Sragen. Peserta dari kegiatan berjumlah 90 orang yang berasal dari Komisi Keluarga Kevikepan Surakarta, yaitu: Paroki Jumapolo, Paroki Palur, Paroki Karanganyar, Paroki Gemolong dan para pendamping keluarga dari perwakilan Lingkungan di Paroki Sragen.

Kegiatan ini diadakan karena pendamping keluarga Lingkungan butuh pembekalan guna meningkatkan kemampuan dalam mendampingi keluarga di lingkungan dan sebagai sarana untuk tukar pengalaman mengenai pendampingan keluarga antara Tim Kerja Komisi Keluarga Paroki Rayon Timur dengan Komisi Keluarga Kevikepan Surakarta
Bapak Albertus Hanung selaku Ketua Bidang IV Dewan Paroki Sragen memberikan pengantar singkat dilanjutkan sambutan dari Ketua Komisi Keluarga Rayon Timur. Romo Robertus Hardiyanta Pr, Romo Paroki Sragen, memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Romo Franciscus Asisi Budiyono, MSF, Romo Paroki Santo Petrus Purwosari Surakarta, yang menjadi narasumber menyampaikan materi tentang pengelolaan Tim Kerja Pastoral Keluarga di Paroki. Ada 3 poin penting yang disampaikakan oleh Romo Budi. Pertama, Romo Budi mengajak peserta untuk menemukan visi dan arah pendampingan keluarga secara umum maupun secara khusus sesuai arah Keuskupan Agung Semarang. Kedua, mengajak peserta untuk membangun reksa pendampingan keluarga di tiap Paroki. Ketiga, memutuskan pastoral praktis yang dapat dilaksanakan di paroki tempat berkarya.
Acara berlangsung lancar dan antusias para peserta cukup besar dibuktikan banyak tim pendamping keluarga khususnya dari masing-masing lingkungan di Paroki Sragen yang mengikuti sampai acara selesai.

Panitian mengaharapkan bahwa tim pendampingan keluarga lingkungan dapat mensosialisasikan materi pendampingan tersebut kepada keluarga-keluarga di lingkungan sehingga apa yang menjadi poin-poin penting tersebut dapat segera diwujudkan.
“Sangat bagus untuk mengadakan pembekalan-pembekalan selanjutnya agar dapat meningkatkan kapasitas pendampingan keluarga di lingkungan,” kata Ketua Panitia memberikan kesan. (PSI)