Remaja Katolik Belajar Public Speaking

 

Paroki Sragen (LENTERA) – Sebagai ajang kreatifitas dan melatih keberanian teman-teman Remaja Katolik (REKAT), REKAT bekerjasama dengan FKPK dan OMK mengadakan kegiatan Public Speaking. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu (6/3), di SMP Saverius Sragen.

Acara ini dipandu oleh saudara Yohanes Seffan sebagai moderator, dimana anggota REKAT dan FKPK sebagai pesertanya. Acara dibuka dengan doa dan dilanjutkan dengan pengantar dari OMK. Ketika masuk pada acara inti diskusi, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan satu buah tema untuk didiskusikan bersama didalam kelompoknya. Tema tersebut disesuaikan dengan permasalahan seputar kehidupan para remaja, salah satu contohnya adalah ‘penggunaan alat komunikasi pada saat misa’.

Setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk mengembangkan tema masing-masing hingga dituangkan dalam makalah singkat, dan dari setiap kelompok dipilih satu penyaji, moderator, notulen atau penulis, serta seksi penanya jawab. Masing-masing kelompok wajib mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelompok yang lain sesuai dengan undiannya, dan untuk kelompok yang lain memberikan pertanyaan dan masukan kepada kelompok yang maju.

Setiap kelompok yang maju akan diberikan saran dan masukan dari teman-teman OMK, agar di kemudian hari penampilannya lebih baik lagi. Setelah semua kelompok selesai tampil, moderator memberikan kesimpulan dari diskusi ini dan pada akhir acara ditutup dengan doa.

“Public speaking bisa menambah keberanian dan mental saat berbicara di depan umum. Bahkan dengan mengikuti public speaking ini, kita yang awalnya pemalu dan tidak berani berbicara di depan umum bisa menjadi seseorang yang berani dan percaya diri saat berbicara di depan umum” kata Christin, seorang peserta public speaking dari REKAT memberikan kesan. (REKAT)