Pelatihan Pemutakhiran Data Umat Katolik Paroki Sragen

 

Paroki Sragen (LENTERA) – Paroki Sragen melakukan pendataan umat untuk pertama kali pada tahun 2011. Data umat yang telah dimiliki oleh masing-masing paroki mengalami perubahan dan perkembangan. Data terkait kelahiran, penerimaan sakramen penguatan, pernikahan, perpindahan, dan kematian harus dimutakhirkan setiap tahun.

Pelatihan Pemutakhiran data umat di Paroki Sragen dilakukan dengan memberikan arahan kepada ketua lingkungan atau perwakilan lingkungan oleh tim litbang paroki. Pelatihan dilaksanakan pada hari Minggu (3/4). Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB berbarengan dengan pertemuan ketua lingkungan. Romo Robertus Hardiyanta, Pr. sebagai pemandu pertemuan memberikan waktu khusus kepada Tim Litbang untuk memberikan arahan tentang teknis pemutakhiran data. Pelatihan pemutakhiran data umat dipandu oleh Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Paroki Sragen, Bapak Andreas Kosasih, lalu dilanjutkan penghantar singkat oleh Koordinator Tim Kerja Data Bapak Agus Soekantoro. Untuk teknis yang lebih detail dijelaskan oleh tim data. Pemaparan materi teknis dijelaskan berdasarkan Prosedur Manual Update Data Lingkungan yang sebelumnya dipaparkan pada pertemuan Tim Pendataan di tingkat Kevikepan Surakarta beberapa waktu yang lalu. Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Banyak hal yang ditanyakan mengenai teknis pendataan. Hal ini terjadi karena sebagian belum mengerti prosedur pendataan yang lalu.

Diakhir pelatihan, tim data juga membentuk Tim Khusus Pemutakhiran Data Umat yang terdiri dari teman-teman Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Sragen, tim ini memberi bantuan untuk pelaksanaan pemutakhiran data di lingkungan-lingkungan apabila terdapat kendala. Setiap wilayah terdapat 1 (satu) orang koordinator . “Pemutakhiran data ini merupakan program dari keuskupan yang wajib dilaksankan oleh setiap paroki. Harapannya pemutakhiran data umat dapat berjalan dengan lancer, sehingg validitas data dapat dipertanggungjawabkan” kata Robertus Mahadi sebagai Tim Pendataan memberika kesan. (Tim Data)