Pembekalan Pemandu BKL: Memahami Liturgi Sebagai Perayaan Kerahiman Allah

Paroki Sragen (LENTERA) – Tim Kerja Prodiakon, yang pada minggu ketiga dalam bulan mengadakan pertemuan rutin prodiakon, juga mengadakan pembekalan pemandu Bulan Katekese Liturgi untuk pemandu lingkungan pada hari Minggu (17/4) di Aula SMP Saverius Sragen bersama Tim Kerja Pewartaan. Pembekalan itu bertujuan untuk mempersiapkan pemandu lingkungan agar dalam menyampaikan materi mengenai Bulan Katekese Liturgi menjadi lebih memahami spiritualitas dari tema BKL yaitu “Liturgi: Perayaan Kerahiman Allah.

Pembekalan diawali dengan mendengarkan Injil dan renungan singkat oleh Bapak Yustinus Sri Winarno. Dalam pengantar acara dan renungan, Pak Yus menyampaikan informasi tentang Konggres Ekaristi Keuskupan ke-3 yang akan dilaksanakan pada bulan Juni di Klaten. Pada renungan singkat Bapak Yus mengatakan bahwa Yesus Kristus adalah gembala yang mengenal domba-dombanya, dan dengan percaya kepada Sang Gembala Agung, domba-domba itu tidak akan celaka dan memperoleh hidup kekal. “Prodiakon, pemandu BKL itu sesungguhnya adalah juga menjadi gembala bagi umat lingkungan atau wilayah yang kita layani. Hal yang lebih penting lagi yaitu bahwa kita (prodiakon, pemandu lingkungan red.) harus memahami liturgi dengan benar karena bagian yang penting dalam kehidupan Gereja Katolik! ” kata Bapak Yus.

Pada sesi pendalaman materi BKL yang disampaikan oleh Bapak Yohanes Sukadi Ayub Subanto, selaku ketua Tim Kerja Pemandu, Bapak Ayub menyampaikan tentang teknik penyampaian kepada umat serta pembekalan materi yang sangat berguna untuk peserta, seperti ringkasan materi BKL selama satu bulan.

Pada sesi tanya jawab dan usulan diadakan evaluasi jadwal prodiakon selama Pekan Suci 2016. (Y.Kris)