78 Anak Sambut Komuni I: ‘Bersatu dengan Kristus menguatkan Kesaksian Kita”

Paroki Sragen (LENTERA) – Ekaristi Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus serta Upacara Penerimaan Komuni Pertama dilaksanakan pada hari Minggu (29/5). Adapun calon penerima komuni pertama berjumlah 78 anak yang terdiri dari 42 anak perempuan dan 36 anak laki-laki.

Ekaristi diawali dengan penyerahan dari wakil orang tua peserta komuni pertama kepada Romo, kemudian diikuti dengan berkat tanda salib dan percikan air suci dari tangan Romo. Pada Ekaristi kali ini, petugas koor dari Lingkungan Ignatius Loyola Plumbungan Indah, sedangkan para petugas liturgi antar lain Lektor, Pemazmur, dan Petugas Persembahan adalah anak-anak peserta komuni pertama.

Dalam homili Romo Robertus Hardiyanta, Pr, menyampaikan beberapa hal, antara lain; untuk menerima Tubuh dan Darah Kristus dalam perayaan ekaristi, kita membutuhkan persiapan diri agar kita siap dan memiliki hati yang penuh kasih, yaitu melalui pertobatan dan mendengarkan sabda Allah. Menerima Ekaristi adalah menerima Kristus, Tubuh dan Darah-Nya, yang membagikan diri-Nya. Maka kita yang menerima-Nya harus bersedia pula membagikan diri kepada sesama. Atau dengan bahasa Yesus: kita harus bersedia pula menjadi roti dan minuman untuk orang lain.

Dalam homili Romo juga mengajak para orang tua memberi teladan yang baik kepada anak-anak, dan melatih anak-anak untuk mandiri, peduli dan bertanggung jawab. Sebagai tindak lanjut setelah menerima Sakramen Komuni Pertama, Romo mengajak anak-anak untuk terlibat melayani Tuhan dan Gereja dalam kegiatan Misdinar. Upacara penerimaan komuni pertama berlangsung dengan lancar dan penuh kidmat. Calon penerima komuni pertama maju satu persatu didampingi oleh orang tua atau wali.

Setelah Perayaan Ekaristi selesai, dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah. Dalam acara tersebut Romo memberikan kenang-kenangan berupa Rosario dan Buku Doa Harian yang telah diberkati. Sebagai ungkapan syukur dari seluruh orang tua penerima komuni pertama, yang di wakili oleh Ketua Panitia Bapak Petrus Yoyok Sudaryo mengaturkan rasa syukur dan persembahan untuk pelayanan gereja kepada Romo Robertus Hardiyanta, Pr, dan menghaturkan ungkapan terima kasih dalam wujud kenang-kenangan kepada para pendamping dari Tim Kerja Sakramen Inisiasi. Selanjutnya kegiatan ramah-tamah, dilanjutkan dengan sosialisasi dan rencana tindak lanjut bersama para misdinar yang dipandu oleh Sr. M. Monica, SFS. (Palmianto)