Rekoleksi Calon Komuni I : “Siap Diutus, Siap Melayani”

 

Jenawi (LENTERA) – “Siap diutus, Siap melayani” itulah jargon yang selalu diucapkan dengan lantang dan semangat oleh adik-adik calon penerima komuni pertama dalam kegiatan triduum di Gereja Animasi Jenawi. Triduum Komuni Pertama kali ini dikemas dengan model rekoleksi selama 2 hari, Sabtu-Minggu (21-22/5), bersama dengan teman-teman Orang Muda Katolik Sragen sebagai fasilitator.

Pada hari Sabtu (21/05), pukul 16.00, acara rekoleksi dimulai dengan doa pembuka, dan sambutan. Fasilitator mencairkan suasana dengan permainan dan perkenalan fasilitator. Dalam kegiatan tersebut, peserta dibagi menjadi sepuluh kelompok pendampingan yang diberi nama dengan nama Rasul Kristus.

Setelah makan malam, Bruder Filipus Neri, SCA memberikan permenungan singkat menggunakan media permainan sulap yang membuat suasana menjadi lebih hangat. Pada sesi pertama peserta diajak untuk mengingat kembali pelajaran yang didapat selama persiapan komuni pertama, terutama tentang Sakramen Ekaristi. Peserta bercerita tentang pengalaman-pengalaman selama ikut Perayaan Ekaristi, dengan tujuan yaitu agar peserta benar-benar dapat memahami bahwa apa yang diterima pada saat komuni adalah benar-benar Tubuh dan Darah Kristus. Sesi hari pertama ditutup dengan doa malam oleh Bruder Neri.

Pada hari kedua, peserta diajak untuk kegiatan outbound di sekitar kompleks Gereja Jenawi. Peserta menyusuri sawah dan sungai kecil untuk menuju ke pos-pos yang sudah disiapkan. Kegiatan outbound kali ini dikemas secara berbeda karena bukan hanya bermain-main biasa. Di setiap pos peserta diajak untuk memahami dasar-dasar iman katolik. Pada Pos 1, peserta diajak untuk memahami dasar-dasar tujuh sakramen, pada Pos 2, peserta diajak untuk memahami hidup paguyuban, pada Pos 3, peserta diajak untuk bangga menjadi anak Katolik dengan mengenalkan kekayaan iman katolik, pada Pos 4, peserta diajak untuk membuat doa yang baik yang didasarkan pada doa Bapa Kami, dan Pos 5 peserta diajak untuk memahami sikap-sikap liturgi.

Setelah selesai sesi outbound, peserta diajak untuk mengikuti Perayaan Ekaristi di Gereja Jenawi bersama dengan Umat Stasi Jenawi. Setelah ekaristi selesai, teman-teman dari Misdinar Paroki Sragen mengajak adik-adik untuk terlibat dalam tugas perutusan dengan menjadi putra-putri altar. Hal ini juga sebagai wujud misi siap melayani bagi gereja baik menjadi misdinar maupun aktif dalam keanggotaan Remaja Katolik (REKAT).