Safari Kunjungan OMK Paroki Sragen ke OMK Wilayah Andreas

Kutorejo (LENTERA) – Bulan Mei, Pengurus Orang Muda Katolik Sragen kembali melakukan kunjungan kaum muda di wilayah Paroki Sragen, kali ini berkunjung ke Wilayah Andreas (terdiri dari lingkungan Beloran, Tegalsari, Ringinanom, Cantel, Sumengko dan Kutorejo). Hari Minggu (29/5), pukul 10.15, bertempat di rumah Sdri. Natalia Dyah Perwitasari (Lingk. Kutorejo). Sdri Prima, koordinator OMK Wilayah Andreas, membuka acara tersebut dengan doa dan sambutan pembuka.

“OMK Siap Diutus” menjadi tema dari pertemuan tersebut. Tema itu pula yang ingin dibagikan oleh OMK Paroki Sragen kepada kaum muda di wilayah untuk semakin terlibat dalam kehidupan menggereja. Kegiatan kunjungan ini berawal dari keprihatinan pengurus OMK atas kurang partisipasi orang muda dalam kegiatan di lingkungan dan paroki, serta ada kerinduan untuk bertemu dan berkumpul. Yang menjadi motor penggerak dari kegiatan kunjugan kaum muda ini adalah Tim kerja Kerohanian OMK Paroki Sragen.

Karena bertepatan dengan bulan Maria, kegiatan ini diawali dengan berdoa rosario. Pada acara sarasehan, kaum muda diajak untuk merenungkan bacaan Injil Matius (Mat 25:14-30) yaitu perumpamaan tentang talenta yang disampaikan Yesus. Renungan ini ingin mengajak kaum muda untuk semakin berbuah dan bertanggung jawab atas semua yang Tuhan percayakan, baik itu waktu, kemampuan, atau materi dan menggunakannya sebaik mungkin demi kemuliaan Tuhan.

Setelah renungan selesai, Ketua Lingkungan yang hadir menyampaikan apresiasi untuk seluruh kaum muda. “OMK diharapkan untuk aktif terlibat di kegiatan lingkungan atau paroki, karena OMK adalah generasi penerus Gereja” pesan Bp. Mardhani Listiyono, Ketua lingkungan Basilius Agung Kutorejo. “Semoga kegiatan kunjungan ini tidak hanya sekedar menjalankan proker, yang akan berhenti setelah kegiatan selesai. Harus berkelanjutan” pesan dari Bp. Agung, Ketua Lingkungan Mikael Tegal Sari.

Acara ditutup dengan penyampaian kegiatan usulan dari OMK di setiap lingkungan, harapannya kegiatan tersebut akan semakin mempererat relasi OMK di wilayah Andreas dan dapat dikoordinasikan dengan OMK Paroki. Harapan ke depannya agar terbentuk kepengurusan OMK wilayah Andreas dan semakin terlibatnya kaum muda dalam kehidupan menggereja. Karena suatu hal yang besar berawal dari langkah yang kecil. (OMK)