Workshop Merangkai Bunga Altar

Kedawung (LENTERA) – Tim Kerja Dekorasi dan Tata Altar Stasi Yohanes Rasul Kedawung mengadakan Workshop Merangkai Bunga Altar yang diselenggarakan pada hari Minggu (12/06) di Gereja Stasi Yohanes Rasul Kedawung. Pada pukul 09:30 kegiatan tersebut dimulai dengan sambutan oleh Ketua Stasi Kedawung, Bapak Benediktus Dwi Uji Kriswinardi. Dalam sambutannya, Bapak Benediktus mengharapkan bahwa workshop tersebut dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan peserta dalam hal dekorasi dan tata altar, sehingga dapat keterampilan tersebut dapat digunakan untuk pelayanan liturgi di kemudian hari.

Suster Monica, SFS, yang menjadi pemberi materi, menyampaikan bahwa peran kesenian tidak bisa diabaikan dalam liturgi. Seni dalam liturgi dapat menyentuh hati umat pada suatu misteri yang agung keselamatan Allah. Suster Monica SFS juga memberikan materi tentang warna-warna liturgi yang harus dipahami sebagai panduan dalam dekorasi dan tata altar, serta tidak ketinggalan dijelaskan pula mengenai komposisi rangkaian bunga dimana Altar tidak boleh dikalahkan oleh kemeriahan rangkaian bunga.

Dalam sesi kedua, yang dipandu oleh Pegiat Florist Martinus Sri Suryanto, sering dipanggil Surya, peserta mendapat kesempatan menerapkan materi pertama. Surya menerangkan teknik-teknik dasar merangkai daun dan bunga agar tertata dengan indah untuk persiapan ekaristi masa biasa dan pra paskah.

Hasil merangkai bunga sangat luar biasa, masing-masing tim dapat membuat rangkaian bunga altar yang indah dan kreatif. Di sela-sela waktu sambil merangkai bunga, beberapa peserta mengungkap kepuasannya mengikuti kegiatan workshop tersebut, peserta benar-benar mendapatkan dasar-dasar merangkai bunga altar baik liturgis maupun secara teknis. “Semoga kegiatan tersebut diselenggarakan lagi di waktu mendatang,” ungkap Yustinus Puguh Sukmono, Ketua Bidang Liturgi dan Peribadatan.