Pembekalan Pemandu BKSN : “Belajar Lectio Divina”

 

Paroki Sragen (LENTERA) – Kegiatan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) merupakan kegiatan tahunan yang diadakan di Keuskupan Agung Semarang yang rutin dilaksanakan pada Bulan September. Pada tahun ini, tema yang diangkat yaitu “Keluarga yang Mewartakan dan Bersaksi Menurut Sabda Allah.” Pelatihan pemandu BKSN yang dilaksanakan di Aula SMP Saverius dihadiri oleh 88 orang dari perwakilan lingkungan di Paroki Sragen.Sehabis Perayaan Ekaristi kedua, hari Minggu (28/08), acara tersebut dimulai dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Marsana, dan dilanjutkan dengan pengantar oleh Bapak Ignatius Sarono, Ketua Bidang II Dewan Paroki Sragen.

Dalam acara peneguhan, Romo FX Suyamta Kirnasucitra, Pr mengatakan bahwa Keuskupan Agung Semarang sudah mempunyai ritme pendampingan umat yang sudah terprogram, yaitu pendalaman umat saat Adven, Prapaskah, Bulan Katekese Liturgi (BKL), dan BKSN. Romo Yamta menegaskan bahwa kegiatan pendalaman iman tersebut didasari dengan Arah Dasar KAS dan digeluti untuk menyongsong tahun 2035, di mana saat itu adalah Perayaan Yubileum penebusan Kristus di dunia. Romo mengajak peserta untuk jangan hanya puas telah melakukan pendalaman iman, melainkan harus berani bersaksi.

Bapak Gabriel Nahak menjelaskan bagaimana teknis pelaksaan BKSN yang menggunakan format lectio divina, yaitu cara berdoa hening dengan membaca dan merenungkan Kitab Suci. Setelah peserta mendapatkan pelatihan teknis, peserta diajak untuk latihan melaksanakan lectio divina, dan acara pelatihan tersebut berakhir pada pukul 11.46.