Pendamping PIAR Belajar Menjadi Pelopor Peradaban Kasih

Karanganyar (LENTERA) – “Aku Pelopor Peradaban Kasih” adalah tema yang Aksi Puasa Pembangunan (APP) 2017 Keuskupan Agung Semarang. Dengan semangat tema tersebut pendamping Pendampingan Iman Anak dan Remaja (PIAR), pada hari Sabtu (4/2), menuju wisma INRI Karangpandan, Karanganyar, untuk menghadiri pembekalan APP 2017 untuk PIAR se-Kevikepan Surakarta.

Peserta yang hadir dalam pembekalan APP tersebut adalah bejumlah 125 orang dari Rayon Kota (Paroki Purbayan, Purbowardayan, Kleco, Purwosari, Dirjodipuran, Solo Baru, Kartosuro, Boyolali), Rayon Timur (Paroki Sragen, Gemolong, Palur, Karanganyar, Jumapolo), dan Rayon Selatan (Paroki Danan, Baturetno, Wonogiri) dan Rayon Barat.

Dalam pembekalan tersebut, pendamping PIAR belajar bagaimana mendaratkan tema ‘Aku Pelopor Peradaban Kasih’ yang akan diajarkan kepada anak dan remaja di paroki masing-masing. Pada sesi malam, peserta membuat kota APP berbentuk hati yang kemudian diisi dengan kertas yang berisikan niat-niat yang akan dilaksanakan selama masa Prapaskah.

Pada sesi hari Minggu (5/2), peserta mendalami bahan pertemuan APP yang terdiri dari sub tema: Aku Dikasihi Tuhan, Kasihilah Sesamamu, Berbeda Disatukan Dalam Kasih, Kasih dan Kepedulian, Kasih dan Semangat Berbagi. Kegembiraan terpancar dari wajah peserta pembekalan ketika harus belajar permainan-permaina dan lagu-lagu dari bahan APP anak tersebut. Acara pembekalan APP ditutup dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Yudho yang adalah romo pendampin PIAR se-Kevikepan Surakarta. (team piar)