Seminari Tinggi Kentungan Belajar Hidroponik

Margo Asri (LENTERA) – Cuaca pada hari itu mendung ketika Romo Joseph Kristanto Suratman Pr, Rektor Seminari Tinggi Kentungan Yogyakarta, bersama dengan seorang frater dan tiga orang staf seminari tinggi berkunjung ke lingkungan Santo Petrus Margo Asri. Romo Kris berkunjung di Margo Asri tidak dalam rangka pelayanan liturgi, namun dalam rangka melihat langsung dan belajar bagaimana praktek pertanian hidroponik.

Hari Jumat (10/2), pada sekitar pukul 11:30, rombongan Romo Kris datang ke lokasi greenhouse hidroponik di Gang 12 Margo Asri, Puro, Karangmalang, Kabupaten Sragen dengan didampingi oleh Leandro Maracana, yang adalah praktisi sekaligus pendamping kelompok hidroponik Permai Hijau Margo Asri. Romo Kris sangat antusias melihat detail model bangunan sampai sistem hidroponik. Perwakilan umat Margoasri yaitu Kriswinardi, Ratri, Thomas dan Adi, mendampingi rombongan Romo Kris ketika berkeliling greenhouse.

Kehadiran Romo Kris berserta rombongan memang tidak direncanakan, tetapi hal itu telah memberikan energi baru bagi umat lingkungan Margo Asri untuk lebih mengembangkan pertanian hidroponik yang telah dimulai sejak Oktober 2016 yang lalu. Hasil dari pertanian hidroponik kelompok Pemai Hijau Margo Asri tersebut sudah dinikmati oleh masyarakat umum karena sudah dipasarkan.

Dalam kesempatan dialog, Romo Kristanto mengutarakan keinginannya untuk membangun greenhouse hidroponik di lingkungan Seminari Tinggi Kentungan, karena hidroponik dinilai sangat efisien, efektif dan sehat. “Kunjungan-kunjungan serupa sebenarnya sudah lebih dari empat kali, namun hanya perwakilan. Walaupun hanya hanya berkisar 2 jam, kunjugan Romo Kristanto beserta rombongan sungguh memberikan semangat baru tersendiri bagi kelompok Permai Hijau”, kata Ratri. Rombongan bertolak ke Yogyakarta pada pukul 13.00. (Ari)