Paskah Anak: Anak Remaja Memaknai Minggu Kerahiman Ilahi

Paroki Sragen (LENTERA) – Pada Minggu Kerahiman Ilahi (23/4), anak-anak merayakan Paskah di Gereja Katolik Santa Perawan Maria Fatima Sragen. Anak-anak yang terdiri dari siswa-siswi SD Santo Fransiskus, TK Santa Anna, TK Indriasana, dan murid pendampingan Iman Anak Remaja (PIAR) menjadi petugas liturgi untuk Perayaan Ekaristi dengan ujub Perayaan Paskah Anak.

Pada pukul 07.30, suasana Gereja Joglo Kembar riuh rendah dengan kegembiraan anak-anak yang merayakan Kebangkitan Kristus. Perayaan Ekaristi tersebut dipimpin oleh Romo Robertus Hardiyanta Pr.

Dalam homilinya Romo Hardi menjelaskan tentang misteri Kerahiman Ilahi kepada anak-anak dan kepada umat yang hadir. “Kata dasar kerahiman bukan kera melainkan rahim, yang merupakan rahim ibu. Allah yang Maharahim berarti berbelas kasih dan penyayang.”

Perayaan Paskah Anak masih dilanjutkan dengan beraneka ragam lomba seperti: Lomba Mencari Telur dan Membuat Mozaik dari kulit telur. Anak-anak terlihat bersemangat dalam lomba mencari telur yang dilaksanakan di halaman Gereja Paroki Sragen dan pelataran SMP Saverius Sragen. Lomba tersebut dibagi menjadi tiga kategori umur, dan ada hal yang menarik yaitu pada kategori umur kelas 3 dan 4 SD, telur yang seharusnya disembunyikan sudah habis telebih dahulu sebelum disembunyikan.

Dalam lomba membuat gambar mozaik, pesertanya hanya 11 orang karena lomba ini masih belum familier untuk anak-anak dan merupakan sesuatu yg baru . Dari sebelas peserta lomba mozaik itu ada lima orang pemenang yaitu juara pertama Vena (lingkungan Ignatius), kedua: Beta (Ling. Kristoforus) ketiga Yuda (Lingkungan Gawan), Angeline (Lingkungan Basilius Agung), kelima Ivan lingkungan Santa Lusia.