Pertemuan Tim Komsos Se-Keuskupan Agung Semarang

Paroki Salam, Magelang (LENTERA) – Youth Center pada hari Jumat (12/5) hingga Minggu (14/5) didatangi oleh penggiat Komunikasi Sosial (Komsos) dari berbagai paroki yang ada di Keuskupan Agung Semarang (KAS). Pertemuan aktivis divisi Komsos KAS tersebut merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk berbagi pengalaman dan suka cita dalam mewartakan karya keselamatan melalui media komunikasi baik cetak maupun media daring.

Hadir dalam sarasehan tersebut aktivis Komsos paroki yang terdiri dari berbagai usia yang tergabung dari berbagai divisi Komsos di KAS. Para peserta yang berjumlah sekitar 150 orang tersebut tampak antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Romo Agung selaku ketua Komsos KAS mengutarakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memperingati hari Komunikasi Sosial sedunia yang ke-51 yang seyogianya diperingati setiap tanggal 28 Mei.

Pada pertemuan pertama, Jumat (12/5), Romo Agung menyampaikan pesan dari Bapa Paus Fransiskus tentang bagaimana hendaknya setiap orang dapat menggunakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) untuk membangun budaya komunikasi secara positif. “Secara positif disini mengandung makna bahwa dalam berkomunikasi hendaknya lebih diutamakan untuk menyebarkan kabar baik daripada kabar buruk atau bohong,” kata Romo Agung menjelaskan dengan cermat.

Hari kedua pertemuan penggiat Komsos diisi dengan pelatihan tentang fotografi, pembuatan film, layout majalah, dan menulis naskah baik film maupun website. Melalui pelatihan tersebut, Tim Kerja Komsos KAS berharap agar para aktivis Komsos dari berbagai paroki semakin terangsang untuk dapat mengembangkan media pewartaan yang mendukung penyebaran kabar gembira dan warta keselamatan. (St_Galih)