Lingkungan Tegalsari adakan Buka Bersama

Tegalsari (LENTERA) – Kehidupan bangsa Indonesia yang dilandasi semangat Bhinneka Tunggal Ikat memberi kekuatan bahwa walau terdiri dari beragam suku, ras, agama dan kepercayaan yang berbeda tetapi tetap sebagai satu bangsa, satu saudara, satu tanah air yaitu Indonesia. Menghargai perbedaan didasari semangat Pancasila yang menghargai kebhinekaan.

Ketika umat Muslim melakukan ibadah puasa, umat Katolik lingkungan Tegalsari menghormati umat yang beragama Islam. Sebagai bentuk syukur dan rasa kasih kepada sesama saudara ciptaan Allah, umat Katolik di Lingkungan Mikael Tegalsari pada bulan Ramadhan memberikan perhatian kepada saudara yang beragama Muslim dengan mengadakan kegiatan buka puasa bersama warga sekitar,

Kegiatan buka puasa bersama tersebut diprakarsai pasutri Martinus Sutikno dan Benedicta Wahyu Intan Permatasari, dibantu oleh seluruh pengurus Lingkungan Tegalsari, Sabtu (10/6). Acara didahului dengan ramah-tamah tepat saat berbuka puasa. Seluruh hadirin disuguhi minum sebagai tanda pembuka puasa, selanjutnya hadirin dipersilahkan melakukan sholat maghrib berjamaah di tempat yang telah disediakan, selesai sholat dilanjutkan makan bersama dalam suasana kasih kebersamaan.

“Kegiatan ini kami lakukan dengan dasar rasa kasih, seperti pesan yang dikatakan oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Roma (Red. Rom 12:10) tentang nasihat hidup dalam kasih:Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. Umat Katolik sendiri diharapkan mampu menampakkan sikap toleransi yang sejuk dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika” kata Bapak Martinus menjelaskan.

Segala sesuatu dalam kegiatan tersebut dipersiapkan dan disediakan oleh umat Kristiani sebagai bentuk rasa toleransi kepada saudaranya yang sedang melakukan ibadah Puasa. Acara diakhiri dengan saling berjabat tangan dengan diiringi ucapan terima kasih.(TS)