Triduum Komuni Pertama: Mengarahkan Hati untuk Menerima Kristus

Paroki Sragen (LENTERA) – Kegiatan Triduum Komuni Pertama adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Tim Kerja Inisiasi Paroki Sragen untuk mempersiapkan peserta calon sambut pertama Tubuh dan Darah Kristus. Kegiatan tersebut untuk memberikan persiapan rohani bagi calon komuni pertama agar semakin memahami misteri Ekaristi. Selain itu, peserta diajak untuk dapat menghormati Tubuh dan Darah Kristus dengan sikap Liturgi yang tepat.

Jumat (9/6), Pukul 15.00, Triduum hari pertama yang dimulai dengan seminar tentang Tubuh dan Darah Kristus yang disampaikan oleh Bruder Nori. Setelah seminar, Fasilitator yang berasal dari Forum Komunikasi Pelajar Katolik (FKPK) Sragen yang berjumlah 20 orang mendampingi peserta calon sambut Komuni Pertama untuk mengingat-ingat kembali pelajaran persiapan komuni dengan dinamika permainan. Peserta triduum sangat antusias dengan dinamika permainan yang semakin memperdalam pemahaman mereka akan arti tujuh sakramen, Sakramen Inisiasi, sikap liturgi, Tatacara Perayaan Ekaristi, Sakramen Tobat.

Minggu (11/6) pagi setelah Perayaan Ekaristi, pukul 09.00, peserta calon Komuni Pertama yang berjumlah 82 orang tersebut kembali melaksanakan kegiatan triduum dengan mendalami kisah santo-santa yang menjadi nama baptis mereka. Selain itu mereka diajak untuk semakin terlibat aktif di dalam paguyuban, bagaimana cara berdoa yang baik, dan lebih mengenal kekayaan iman Katolik.

Triduum hari ketiga yang dilaksanakan di Gereja Paroki membahas tentang alat-alat liturgi yang digunakan pada perayaan Ekaristi,Senin (12/6). Peserta dibimbing oleh Mbak Yanti, pendamping adalah misdinar.

Sebelum melakukan kegiatan triduum, peserta sambut komuni tersebut menerima Sakramen Rekonsiliasi, Kamis (8/6). Sakramen Rekonsiliasi ini merupakan tanda pertobatan sebelum menerima Sakramen Ekaristi. (FKPK)