Rekoleksi Remaja Katolik : Satu Hati, Satu Iman, Seribu Pelayanan

Jenawi (LENTERA) – “Satu Hati, Satu Iman, Seribu Pelayanan,” merupakan tema yang diangkat dalam Rekoleksi Remaja Katolik (REKAT) Sragen. Kegiatan yang dilaksanakan pada 7-9 Juli di Gereja Animasi Jenawi, merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun oleh REKAT Sragen. Sebanyak 67 remaja dari usia kelas 6 SD hingga kelas 3 SMP ikut berpartisipasi dalam kegiatan rekoleksi tersebut.

Dalam rekoleksi ini para remaja diajak untuk belajar merefleksikan pengalaman iman serta semakin mendalami iman Katolik. Pada sesi pertama, Jumat (7/7), peserta diajak untuk bertukar pengalaman tentang pengalaman dicintai oleh Tuhan.

Pada sesi II, Sabtu (8/7) peserta diajak untuk menggali pengalaman iman Katolik lewat menonton film tentang pertobatan. Kemudian peserta diajak untuk belajar tetang bagaimana peka dan empati terhadap sesama, bagaimana mensyukuri talenta, bagaimana memahami arti pentingnya komunikasi dan kerja sama antar kelompok dengan bantuan permainan.

Pada sesi III, Sabtu malam, peserta diajak untuk merenungkan arti bangga menjadi seorang sebagai Remaja Katolik dan berani untuk menjadi pewarta kabar gembira.

Minggu (9/7), saat Perayaan Ekaristi pukul 08.00, Romo Hardi mengajak umat dan remaja menyerahkan segala beban kehidupan kepada Kristus sehingga beban kehidupan menjadi ringan. Pada sesi IV, peserta membuat rencana kegiatan selama satu tahun. Di akhir kegiatan Rekoleksi Remaja Katolik, diadakan pemilihan formatur REKAT yang baru yang akan membuat format kepengurusan REKAT.

“Saya bersyukur di tahun ini sangat banyak remaja Katolik yang mau berpartisipasi dalam kegiatan Rekoleksi REKAT. Harapan saya untuk remaja Katolik Paroki Sragen agar lebih aktif dan memiliki niat yang tulus dalam melayani Tuhan,” kata Cristiana Riska, ketua REKAT, memberikan kesan. (REKAT)