Kunjungan Pastoral Keluarga di Lingkungan Kutorejo

Kutorejo (LENTERA) – Kunjungan Pastoral Keluarga adalah Program dari Tim Kerja Pendamping Keluarga Dewan Paroki Sragen. Tim Kunjungan Pastoral Keluarga Paroki terdiri dari Romo Paroki, para Suster, Dewan Harian dan Tim Pendamping Keluarga Paroki serta Pengurus Lingkungan. Mereka akan berkunjung ke rumah-rumah umat di lingkungan untuk sapaan Pastoral Keluarga.

Senin (17/7) umat Lingkungan Basilius Agung Kutorejo mendapat giliran menerima Kunjungan Pastoral Keluarga. Pada kesempatan ini Tim Kunjungan Pastoral Paroki dibagi menjadi 3 kelompok. Mereka yang hadir dan terlibat dalam Tim adalah Romo Robertus Hardiyanta, Pr; Romo Petrus Soeprijanto, Pr; para Suster SFS, Pengurus Dewan Harian dan Tim Pendampingan Keluarga Paroki serta Pengurus Lingkungan Kutorejo yang menjadi pemandu arah.

Mengingat banyaknya KK di lingkungan Kutorejo dan terbatasnya waktu, tidak semua KK bisa dikunjungi, dan disepakati hanya sekitar 26 KK yang bisa dikunjungi. Keluarga yang mendapat kunjungan diutamakan mereka yang sudah lanjut usia, sedang menderita sakit serta mereka yang kurang aktif dalam kegiatan Gereja, baik di lingkungan maupun paroki.

Pukul 17.00 WIB masing-masing Kelompok menyebar memulai kunjungan keluarga sesuai kelompok masing-masing. Kelompok 1 bersama Romo Petrus Soeprijanto, Pr meliputi Kampung karangdowo dan Tlebengan. Kelompok 2 bersama Suster-Suster SFS meliputi Kampung Gendingan dan Kutorejo; Kelompok 3 bersama Romo Robertus Hardiyanta, Pr meliputi Kampung Talangrejo dan Kuwungsari.
Setiap keluarga yang dikunjungi benar-benar merasa gembira dan bersyukur, karena merasa tersapa dan lebih dekat dengan Gereja. Kunjungan ini menjadi sarana Gereja agar bisa lebih dekat dengan umat, sehingga terjalin persaudaraan dalam satu keluarg besar. Umat lebih bergairah dan bersemangat lagi dalam hidup menggereja, demikian diungkapkan Bp. Petrus Sumar Indratno, Koordinator Tim Kerja Pendamping Keluarga Paroki Sragen.

Kunjungan Pastoral Keluarga ini akan diadakan di semua lingkungan bergiliran sesuai jadwal yang telah dibuat dan sudah diedarkan sebelumnya. Kegiatan ini diadakan setiap hari Senin Pon. Adapun yang sudah dikunjungi oleh Tim sebelumnya adalah keluarga-keluarga di lingkungan Beloran, Tegalsari, Ringinanom dan Cantel.

Ketua Lingkungan Basilius Agung Kutorejo, Bp. Matius Mardhani pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada para Romo, para Suster serta Tim Pendamping Keluarga Dewan Paroki Sragen atas kunjungan pastoral keluarga ini. Pelayanan pastoral umat di lingkungan menjadi sangat terbantu dan tentunya umat yang dikunjungi merasa gembira senang, sehingga lebih bersemangat dalam hidup menggereja, sekaligus menguatkan iman Katolik.(dn)