Peresmian dan Pemberkatan Kantor CU. Esthi Manunggal Cabang Sragen : Bersatu Berdasar Rasa Percaya

Taman Asri (LENTERA) – Credit union (CU) adalah suatu lembaga keuangan yang didirikan pertama kali di jerman pada tahun 1864 oleh Friedrich Wilhem Raiffeisen. Latar belakang berdirinya CU yaitu adanya krisis ekonomi akibat gagal panen serta paceklik kala itu. Sifat keanggotaan CU berdasarkan pada ikatan kebersamaan antara penabung dan peminjam yang sama-sama menjadi anggota komunitas organisasi dengan tujuan mensejaterakan anggotanya.

Romo Robertus Hardiyanta Pr meresmikan kantor CU Esti Manunggal Cabang Sragen yang beralamat di Jalan Teuku Umar nomor 20, Taman Asri, Kelurahan Kroyo, Kecamatan Karang Malang, Minggu (20/8). Acara pemberkatan dan peresmian yang berlangsung dari pukul 10.00 sampai 13.00 tersebut, dihadiri kurang lebih 250 orang.

Acara pemberkatan dan peresmian gedung CU didahului dengan Perayaan Ekaristi oleh Romo Robertus Hardiyanto, kemudian dilanjutkan dengan acara sambutan oleh pengurus Cu Esthi Manunggal, Lurah Kroyo, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sragen. Warga kampung Taman Asri dan anggota CU Esthi Manunggal Cabang Sragen diundang dalam acara peresmian tersebut, sekaligus mendapatkan sosialisasi tentang apa itu Credit Union.

Dalam homilinya, Romo Hardi mengatakan bahwa kehadiran Credit Union diharapkan menjadi lembaga usaha bersama di bidang keuangan yang sungguh dirasakan manfaatnya oleh anggota. Romo Hardi juga menjelaskan bahwa credit union dibentuk oleh rasa saling percaya, seperti tertuang dalam arti nama yang diambil dari bahasa latin “credere” yang artinya percaya dan “union” yang berarti perkumpulan.

Semoga dengan kantor yang baru CU Esthi Manunggal Cabang Sragen semakin dikenal masyarakat luas,” kata seorang pengurus CU Esthi Manunggal kepada redaksi Lentera (AG)