Perayaan Ekaristi Novena Ke-7 Kerahiman Ilahi Safari Rohani JKKI Surakarta

Paroki Sragen (LENTERA) – Perayaan Ekaristi Syukur dalam rangka Safari Rohani Kerahiman Ilahi Novena ke-7 dilaksanakan di Paroki Santa Perawan Maria Di Fatima Sragen, Senin (28/8). pukul 16.30, Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan anggota devosan Jaringan Kerasulan Kerahiman Ilahi (JKKI) se-Kevikepan Surakarta. Ekaristi dipimpin oleh selebran utama yaitu Romo Robertus Hardiyanta, Pr dibantu Romo FX. Suyamta Kirnasucitra, Pr dan Romo Petrus Soeprijanto, Pr dengan mengambil tema “Syukur Atas Karunia Sebagai Citra Allah”. Para devosan JKKI mengawali kegiatan dengan berdoa koronka terlebih dahulu sebelum perayaan ekaristi dimulai.

Dalam khotbahnya, Romo Hardiyanta mengajak umat untuk lebih mengarahkan pada devosi yang benar sesuai dengan objek yang jelas dan nyata, dimana devosi bukan hanya menjadi sebatas sisi rohani saja, akan tetapi harus berbuah menjadi suatu gerakan yang konkret. Dalam devosi kerahiman Ilahi hal yang nyata yang dapat dilakukan yaitu sakramen tobat sebagai gerak rohani. Serta memunculkan sifat Allah yang rahim dalam tindakan nyata, seperti mengasihi sesama. Romo Pri mengajak umat yang hadir untuk membangun kerahiman dari ruang lingkup keluarga karena di dalam keluarga merupakan tantangan terberat untuk mewujudkan kerahiman. Romo Suyamta mengajak umat untuk membangun kerahiman ilahi melalui kegiatan doa, serta menjadikan kerahiman sebagai sarana menjadi citra Allah.

Pada perayaan ekaristi kali ini, umat yang berulang tahun pada bulan Agustus mendapatkan kesempatan dipersilahkan maju kedepan Altar untuk diberkati oleh Romo, serta diberi kesempatan untuk meniup lilin dan memotong kue yang telah disediakan dihadapan para umat yang hadir saat itu, beberapa petugas paduan suara dari OMK pun turut serta karena kebetulan berulang tahun di bulan Agustus. (YSN)