Live In Peserta SOMA: Belajar Mengenal Sekitar

Karanganyar (LENTERA) – SOMA (School of Missionary Animators) adalah istilah Karya Kepausan di Indonesia. Karya Kepausan adalah sebuah lembaga yang membantu tugas Bapa Paus yang secara struktural berada di bawah Kongregasi Suci untuk Penginjilan (Evangelisasi) Bangsa-bangsa (Sacred Congregation for Evangelization of Peoples). Untuk di Keuskupan Agung Semarang (KAS), Karya Kepausan ini menjadi lembaga karya yang menyatu dengan komisi Karya Misioner. Kegiatan SOMA ini diikuti oleh anak, remaja, kaum muda.

Pada Jumat hingga Minggu, (1-3/9), SOMA mengadakan acara kegiatan Live in yang diselenggarakan di Paroki Karanganyar. Tiga puluh peserta remaja mengikuti kegiatan live in yang di laksanakan di tiga lokasi yaitu di lingkungan Jatiharjo,Jepurun dan Pendem. Dalam pelaksanaannya, peserta dibagi menjadi tiga kelompok yang akan melakukan kegiatan hidup bersama warga lingkungan. Sebelum berkegiatan Romo Nugraha dan Bapak Thomas memberikan pembekalan dan arahan kepada peserta.

Hari kedua, para peserta, pendamping dan keluarga tuan rumah live in berkumpul di Kapel Santa Maria Tawangmangu untuk berbagi pengalaman kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama live in. Yang menarik, peserta merasakan sesuatu hal yang baru ketika melakukan kegiatan bersih-bersih rumah, berkebun memanen bawang merah , dan beternak sapi dan domba.

Hari Minggu (3/9), sebelum melanjutkan kegiatan di Gua Maria Sendang Ratu Kenya, peserta SOMA berkumpul di kapel untuk berpamitan dengan keluarga tempat mereka melakukan tinggal selama kegiatan live in. Di Gua Maria Sendang Ratu Kenya, acara SOMA ditutup dengan Perayaan Ekaristi. Ada 4 orang yang ditunjuk (perwakilan dari Kevikepan) untuk mengangkat dan menyerahkan patung Yesus.