Rekoleksi Calon Penerima Sakramen Penguatan: Sadar dan Menghidupi Lima Pelayanan Gereja

Jenawi (LENTERA) – Triduum adalah kegiatan persiapan yang dilakukan untuk menyambut suatu hari besar atau perayaan tertentu, salah satunya adalah Sakramen Penguatan. Kegiatan Triduum Krisma yang biasanya dilaksanakan di Gereja Paroki Sragen kali ini diadakan di Gereja Animasi Jenawi pada 7-8 Oktober.

Tim Kerja Inisiasi Paroki Sragen, yang bertanggungjawab untuk mempersiapkan calon penerima Sakramen Penguatan, bekerja sama dengan Orang Muda Katolik (OMK) Sragen mengolah calon penerima Sakramen Penguatan tersebut. Ada 120 orang peserta usia SMP dan SMA ikut pengolahan.

Kegiatan Triduum tersebut dikemas dengan bentuk rekoleksi yang mengangkat tema: “Orang Muda Katolik siap berkarya berdasar 5 pilar pelayanan Gereja”. Tema ini diangkat untuk menyadarkan kepada peserta tentang tugas kaum muda Katolik dalam lima pelayanan gereja yaitu: koinonia (persekutuan), diakonia (pelayanan), kerygma (pewartaan), liturgia (perayaan iman), dan martyria (kesaksian iman).

Minggu (8/10), pada perayaan Ekaristi, Romo Laurentius Andika Bhayangkara, Pr menekankan bagaimana kesiapan peserta untuk menerima Sakramen Penguatan dengan meminta beberapa orang peserta untuk maju dan berbagi pengalaman rohani. Romo Andika menekankan agar peserta sadar dan siap menjadi saksi Kristus di lingkungan, wilayah, gereja, masyarakat setelah menerima sakramen penguatan.

Pada akhir kegiatan, peserta membuat rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan tiap-tiap kelompok, seperti doa Rosario, kunjungan orang sakit, kerja bakti, berbagi makanan kepada sesama yang membutuhkan. Bapak Sukimin sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap agar peserta rekoleksi aktif berkegiatan di gereja, serta mau menjadi Timker Inisiasi di tahun-tahun yang akan datang. (Et)