Rekoleksi REKAT: Berani Mengikuti Yesus Sampai Garis Akhir

Jenawi (LENTERA) – Rekoleksi Remaja Katolik (REKAT ) adalah kegiatan tahunan yang dilakukan REKAT sebagai kegiatan penyegaran serta reorganisasi pengurus . Rekoleksi Rekat mengangkat tema “Breaking The Habit”. Kegiatan yang dilaksanakan di Gereja Animasi Jenawi diikuti oleh 78 orang remaja usia kelas 6 SD – 2 SMP, pada hari Jumat hingga Minggu, 1- 3 Juni.

Hal yang baru dalam rekoleksi tersebut yaitu fasilitator (pendamping kelompok) kegiatan rekoleksi tersebut adalah anggota Forum Komunikasi Pelajar Katolik (FKPK). Hal tersebut dilakukan dengan tujuan adalah mengembangkan pendampingan berjenjang, kakak mendampingi adik. Fasilitator rekoleksi tersebut mempersiapkan kegiatan rekoleksi mulai dari konsep, tujuan, rencana teknis, rincian kegiatan, dan refleksi kegiatan. Dalam proses tersebut, fasilitator mengalami proses refleksi dan belajar.

Kegiatan pengolahan dalam rekoleksi dibagi menjadi tiga tema besar yaitu: Aku dicintai Tuhan, Aku Mengikuti Yesus dan Memanggul Salib Hingga Garis Akhir, dan Terlibat dalam Kehidupan menggereja. Pada hari pertama, peserta diajak melihat pengalaman kehidupan dan merefleksikan pengalaman “Aku dicintai Tuhan”. Pada hari kedua, peserta diajak untuk mewujudkan komitmen yang dibuat dengan mewujudkannya dengan relasi dengan sesama. Pada sesi malam, peserta diajak untuk menghayati tema “Aku Mau Mengikuti Yesus dan Memanggul Salib Hingga Garis Akhir”.

Pada hari ketiga, peserta diajak untuk terlibat dalam kegiatan menggereja kemauan serta kerelaan hati agar semakin banyak kaum muda yang mau terlibat untuk menjadi bentara peradaban kasih di zaman yang serba modern. “Ternyata menjadi fasilitator itu mengesankan, justru di sini kita bisa saling belajar dengan adik adik Rekat dengan berbagai pribadi yang unik” ungkap salah satu fasilitator dari FKPK Sragen.