Pelatihan Mengolah Sumber Pangan Lokal

Paroki Sragen (LENTERA) – Tim Kerja Mitra Perempuan Dewan Paroki Sragen bekerjasama dengan Panitia HUT 61 Paroki Sragen mengadakan Pelatihan Mengolah Sumber Pangan Lokal dengan bahan dasar olahan ikan lele dan daun singkong di Aula SMP Saverius Sragen, Minggu (30/09)

Pada pukul 09.00 hingga 12.30, kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati HUT ke-61 Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kepada ibu-ibu dan remaja putri lingkungan dalam mengolah sumber pangan lokal dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Harapannya, dengan ketrampilan mengolah makanan tersebut, ibu-ibu dan remaja putri dapat membuat mencukupi kebutuhan hariannya dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Acara Pelatihan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa pembuka, Laporan Ketua Penyelenggara serta sambutan Romo Paroki yang diwakili oleh Ketua Bidang IV Dewan Paroki Sragen yang sekaligus membuka acara pelatihan.

Pelatihan ini yang dihadiri 80 orang yang merupakan perwakilan dari lingkungan-lingkungan yang ada di Paroki Sragen. Narasumber kegiatan tersebut adalah anggota PKK Kabupaten Sragen & UKM Lele Johan Sragen. Materi pelatihan meliputi cara mengolah sumber pangan lokal dengan membuat nugget, stik daun singkong dan keripik kulit lele . Narasumber mengajak para peserta praktek langsung berlatih bersama. Selama mengikuti pelatihan, para peserta sangat antusias, khususnya dalam sesi tanya jawab. Kegiatan ini berjalan dengan baik, lancar sesuai program yang telah dibuat oleh penyelenggara. Setelah olahan selesai, hasil langsung diberikan kepada peserta dengan tujuanagar tahu rasa dan hasilnya.(TMP)