Latihan Kepemimpinan Pelajar Katolik: “Infinities”

Mojogedang (LENTERA) – Selama 3 hari para pelajar Katolik Paroki Sragen (kelas 3 SMP s/d Kelas 2 SMA) mengikuti Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar di Wisma Mojogedang, Jumat s/d Minggu (21-23/12). Kegiatan ini diadakan oleh FKPK Paroki Sragen.

Dengan mengambil tema “Infinities”, para peserta di ajak berdinamika dengan memahami arti ke-Katolikan yang sejati. Hari pertama dinamika dimulai dengan keheningan, peserta diajak untuk mengetahui talenta yang dimiliki oleh pribadi sendiri. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, disitu dinamika dimulai. Setelah berdinamika tentang talenta peserta diajak melihat cuplikan tentang ke- Katolikan yang sejati, “Katolik sejati bukan tentang simbol namun katolik sejati adalah siapa yang berani merelakan dirinya demi orang lain”.

Hari kedua, peserta diajak untuk berdinamika dengan out bond, setiap kelompok diuji kekompakannya. Mereka mengikuti permainan-permainan yang telah disiapkan oleh fasilitator. Mereka diajak untuk mencoba memahami talenta diri sendiri, teman di sekitar, serta juga diajak untuk mengenal santo santa.

Malam hari, peserta menonton sebuah film pendek tentang seorang ayah yang mengorbankan anaknya untuk keselamatan banyak orang. Hal ini merupakan perwujudan kasih Tuhan yang rela menebus dunia bagi umat manusia. Setelah itu peserta diajak berani mengungkapkan kebenaran dan berani untuk memaafkan orang yang bersalah kepada kita. Setelah dinamika hari ke dua selesai , peserta melanjutkan dinamika pada hari ketiga.

Di pagi hari peserta mengikuti misa yang dipimpin oleh Romo Laurentius Andika Bayangkara Pr. setelah misa selesai peserta memilih formatur. Diharapkan setelah LKTD ini makin banyak jiwa jiwa muda yang terpanggil dalam pelayanan, dan semakin bisa mewartakan hal-hal yang baik dalam kehidupan menggereja dan bermasyarakat. Kepengurusan FKPK kedepan makin inklusif dan bisa menjadi penerus gereja yang akan datang. (FKPK)