Temu Katekis Paroki: Mendorong Kaum Muda Menjadi Bentara Peradaban Kasih

Paroki Sragen (LENTERA) – Dalam mewujudkan mimpi besar RIKAS 2016-2035, Paroki Sragen melakukan pendampingan secara khusus kepada tunas muda Paroki Sragen. Salah satu pendampingan yang akan dilaksanakan adalah pendampingan orang muda, calon sambut Komuni pertama dan Sakramen Penguatan.

Kaum muda tersebut dipersiapkan menjadi bentara peradaban kasih (BPK). Pendampingan calon sambut Komuni dan Sakramen Penguatan akan dilaksanakan di lingkungan. Pertemuan Katekis tersebut bertujuan memberikan bekal kepada para Katekis yang akan bertugas di lingkungan masing-masing.

Pertemuan Katekis se-Paroki Sragen dilaksanakan di Aula SMP Saverius Sragen, Minggu (27/1). Ada sekitar 50 orang Katekis yang hadir dalam pertemuan tersebut. Romo Mendardus Sapta Margana,Pr, menjadi narasumber dalam pertemuan yang dilaksanakan setelah Perayaan Ekaristi Minggu.

Romo Sapta menyampaikan bahwa kaum muda harus menjadi bentara peradaban kasih yang mempunyai ciri-ciri punya iman, kepribadian, pengetahuan iman, pengenalan Yesus Kristus, melaksanakan kegiatan rohani pribadi dengan membaca Kitab Suci dan doa pribadi.

“Syarat penerima Sambut Komuni pertama yaitu telah membaca Injil, syarat menerima Sakramen Penguatan yaitu telah membaca Kitab Suci Perjanjian Baru.” Kata Romo Sapta menegaskan.

Selain itu Romo Sapta mengajak katekis untuk mendorong calon peserta Sambut Komuni dan calon penerima Sakramen Penguatan untuk aktif dalam kegiatan menggereja yaitu Misa Lingkungan, latihan paduan suara lingkungan, sarasehan, pertemuan Legio Maria, doa Senakel.

Selain itu Romo juga mengajak agar kaum muda juga terlibat dalam kegiatan sosial di masyarakat, dan semakin inklusif. “Mereka (red. kaum muda) harus mengenal dengan umat beragama lain, dan sedikit mengenal pokok-pokok ajaran agama lain. Dalam pertemuan katekis tersebut, dijelaskan bahwa calon harus memenuhi kehadiran dalam pelajaran yaitu 75%, dan ada mekanisme tes. (Andreas J.)