Hari Orang Sakit Se-Dunia ke-27: Berikanlah dengan Cuma-cuma

Mageru (LENTERA) – Dalam rangka Hari Orang Sakit Se-Dunia ke-27, RSU Mardi Lestari Sragen menyelenggarakan Misa Peringatan Hari Orang Sakit Sedunia bertempat di Aula Gedung Rosa De Bie, RSU Mardi Lestari Sragen, Senin (11/02). Perayaan yang dipimpin oleh Romo FX. Sukendar Wignyosumarto, Pr, sebagai konselebran utama bersama dengan Romo Medardus Sapta Margana, Pr, dan Romo Petrus Soeprijanto, Pr, dihadiri oleh kurang lebih 180 orang usia lanjut dan para pasien yang sedang dirawat di RSU Mardi Lestari.

“Kamu menerima mereka dengan cuma-cuma, berikanlah dengan cuma-Cuma” menjadi tema yang direnungkan di dalam Perayaan Ekaristi tersebut. Dalam homilinya Romo Kendar menceritakan pengalaman yang berkesan ketika mengunjungi orang sakit. Romo Kendar juga mengajak agar orang yang sedang menjalani proses penyembuhan untuk sabar dan pasrah dalam penderitaan. Namun, ketika seseorang belum dapat memasrahkan penyakitnya, Romo mengajak agar orang tersebut dengan jujur mengatakan, “Saya belum siap”, dan memasrahkan sakitnya di dalam penderitaan Kristus.

Romo Kendar juga memberikan semangat kepada umat usia lanjut yang hadir, ia mengatakan bahwa sebagai lansia itu tidak seperti waktu masih muda yang dapat berbuat ini dan itu. Seorang lansia harus sadar bahwa tubuhnya sudah mengalami penurunan fungsi. Selain itu, pendampingan lansia sangat dibutuhkan terutama sebagai teman untuk berbagi pengalaman, sehingga lansia tidak sendiri.

Romo Kendar juga menjelaskan bahwa penerimaan Sakramen Pengurapan Minyak Suci bukan semata-mata untuk mereka yang sedang mengalami sakratul maut, tetapi makna dari pengurapan minyak suci adalah tanda kehadiran Allah yang menyelamatkan dan memberikan ketenangan batin agar senantiasa dapat mempersatukan penderitaan sakitnya dengan kurban Kristus di salib. Seusai Perayaan Ekaristi, kegiatan kunjungan pasien-pasien dilaksanakan oleh Romo Kendar, Romo Sapta, dan Romo Pri berserta Suster, Dokter dan staf Managemen RSU Mardi.Lestari.(PM)