Menyediakan Diri Menjadi Pelayan

Paroki Sragen sekarang sudah memiliki Dewan Pastoral yang baru masa bhakti 2019-2021. Apa itu Dewan Pastoral menurut Kitab Hukum Kanonik adalah kaum suatu komunitas yang beriman Kristiani yang berdasarkan jabatannya mengambil bagian dalam reksa pastoral di paroki, dan memberikan bantuan untuk mengembangkan kegiatan pastoral. Istilah Dewan Pastoral adalah istilah yang menggantikan istilah Dewan Paroki.

Pada dasarnya Dewan Pastoral adalah suatu komunitas yang saling bekerjasama memberikan layanan kepada umat. Dalam kehidupan Dewan Pastoral harus dilandasi dengan sikap saling bekerjasama antara satu dengan yang lain. Karena itu setiap bagian disebut dengan Tim Kerja karena dalam kerjanya para pelayan tadi bekerjasama di dalam tim.

Apa yang akan dituju di dalam kerjasama Tim Dewan Pastoral Paroki Sragen? Mengacu pada visi RIKAS 2016-2035 yaitu umat Allah Keuskupan Agung Semarang bekerjasama di dalam paguyuban murid Kristus dengan bimbingan Roh Kudus mewujudkan peradaban kasih dalam masyarakat Indonesia. Dalam menuju itu Paroki Sragen pada merumuskan program kerja, Paroki Sragen memprogramkan bina iman umat sebagai suatu hal yang penting untuk diupayakan.

Karenanya dalam bidang pendampingan-pendampingan umat dari anak-anak sampai usia lanjut diperhatikan dengan cermat. Selain pembangunan umat secara spiritual, Paroki Sragen juga mempersiapkan pembangunan fisik yang mendukung reksa pastoral. Pembangunan fisik memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Salah rencananya itu pembangunan kawasan Gereja Paroki.

Pembangunan fisik ini memang membutuhkan dukungan yang sangat besar dari umat Paroki. Kalaupun belum dapat membantu dalam dana, umat dapat membantu dalam doa. Doa yang diadakan setiap hari Minggu pukul 18.00 adalah usaha umat untuk membangun gereja secara rohani.

Harapannya umat yang membaca artikel ini memberikan dirinya untuk nyengkuyung dalam doa dengan bergabung di dalamdoa Novena pembangungan kawasan Paroki Sragen.

Ada enam bidang yaitu Bidang I: Liturgi danPeribadatan; Bidang II: Pewartaan dan Evangelisasi; Bidang III: Pelayanan Kemasyarakatan; Bidang IV: Paguyuban dan Persaudaraan; Bidang V: Sarana dan Prasarana; Bidang VI: Penelitian dan Pengembangan. Bidang VI ini bidang yang baru, yang akan memberi input berdasarkan data-data yang dikumpulkan kemudian diolah menjadi suatu stategi pengembangan ParokiSragen.

Selamat berkarya dalam pelayanan saudara-saudari yang terpilih menjadi Dewan Pastoral Paroki Sragen. Semoga Tuhan mendampingi pelayanan saudara-saudari sehingga menjadi berkah bagi sesama.

Redaksi LENTERA