Pelantikan Pengurus Dewan Pastoral Paroki Sragen: Berbahagia Karena Dekat dengan Sang Sumber Kehidupan

Paroki Sragen (LENTERA) – Kehidupan sebuah paroki akan dapat berjalan dengan lancar ketika ada pelayan-pelayan yang siap memberikan dirinya untuk melayani umat. Dewan Pastoral Paroki adalah pelayan yang memberikan dirinya untuk memutar roda paguyuban di dalam sebuah paroki. Dewan pastoral adalah sebuah rumusan pengganti istilah dewan paroki.

Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen melantik Dewan Pastoral masa bakti 2019-2021, pada Perayaan Ekaristi, Sabtu (16/2). Pelantikan tersebut dipimpin oleh Romo Robertus Budiharyana, Pr, Vikaris Episkopal Kevikepan Surakarta. Ada kurang lebih 200 orang anggota Dewan Pastoral Paroki Sragen yang dilantik. Ada enam bidang yaitu Bidang Liturgi Peribadatan, Bidang Pewartaan dan Evangelisasi, Bidang Pelayanan Kemasyarakatan, Bidang Paguyuban dan Persaudaraan, Bidang Sarana dan Prasarana, Bidang Penelitian dan Pengembangan.

Dalam homilinya, Romo Budiharyana menerangkan bahwa Dewan Pastoral adalah pelayan yang membantu reksa pastoral yang melayani umat paroki di sebuah paroki. Anggota dewan pastoral ini adalah orang yang memberikan diri, waktu, tenaga, dan pikirnnya untuk pengembangan umat Allah, terutama paroki Sragen. Romo menjelaskan sabda bahagia yang disampaikan oleh Yesus dalam bacaan Injil Lukas.

Romo menyampaikan bahwa menjadi orang kaya bukan jaminan bahagia, begitu sebaliknya, menjadi orang miskin bukan jaminan tidak bahagia. Romo memberi contoh, seseorang yang mempunyai harta melimpah tetapi tidak dapat menikmati makanan yang lezat karena menderita penyakit dan harus pantang. Lebih lanjut Romo Budi menegaskan bahwa kebahagiaan bisa diperoleh ketika seseorang mengandalkan Tuhan, dan bukan mengandalkan dirinya sendiri apalagi manusia lain. Romo mengajak agar seperti pohon mendekatkan diri pada sumber air yang menghidupkan, sumber kehidupan itu tidak lain adalah Yesus Kristus.