Sosialisasi Pemilu 2019

Paroki Sragen (LENTERA) – Dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019 bangsa Indonesia tanggal 17 April mendatang, Dewan Pastoral Paroki Sragen Bidang 3 melalui Tim Kerja Penghubung Karya Kerasulan Kemasyarakatan bekerjasama dengan KPU Kabupaten Sragen mengadakan Sosialisasi Pemilu 2019, Sabtu (16/03) di Aula SMP Saverius Sragen.

Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB ini dihadiri ± 86 orang yang terdiri dari umat Katolik Paroki Sragen yang dihadiri oleh para pemilih pemula, OMK, FKPK dan umum. Narasumber acara ini adalah Bp. Nanang Tetuko dari KPU Kabupaten Sragen. Diawali dengan doa pembuka dan pengantar dari Panitia, sambutan dari Romo Paroki Sragen dan Dewan Paroki Sragen, acara diisi dengan penyampaian materi oleh narasumber.

Acara ini bertujuan untuk memberi wawasan dan pengetahuan bagi umat, khususnya para pemilih pemula, agar dengan kesadaran turut terlibat memberikan hak suaranya dalam Pemilu 2019 , ikut berpolitik untuk menciptakan kesejahteraan bersama bagi bangsa ini ke depan. Selain itu dengan kegiatan ini juga untuk mengetahui kesulitan dalam proses pemungutan suara dan cara mengatasinya, demikian diungkapkan Bp. Andreas Kosasih, salah satu Koordinator acara.

Sedangkan Bp. Nanang Tetuko dari KPU Kabupaten Sragen yang hadir sebagai narasumber mengajak para peserta untuk mengetahui jadwal pelaksanaan Pemilu, turut berpartisipasi menggunakan hak suara dan tidak golput, karena Pemilu akan menentukan nasib bangsa Indonesia 5 tahun ke depan.
Bp. Nanang mengajak peserta memilih dengan baik dan benar, menjadi pemilih yang cerdas, memilih sesuai hati nurani, bukan karena pengaruh dari luar.

Peserta diajak cermat dalam memilih, mengenal para Calon Presiden-Wakil Presiden, mengenal Partai peserta Pemilu, mengenal para calon legistatif dan program-program yang ditawarkan. Yang pasti mendukung 4 pilar kebangsaan : Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Dijelaskan pula bahwa Pemilu 2019 kali ini adalah pilihan serentak , ada lima lembar surat suara yang harus dicoblos dengan warna yang berbeda. Kita memilih Calon Presiden & Wakil Presiden, memilih Calon DPR RI Pusat, memilih Calon DPD, memilih Calon DPRD Propinsi dan memilih Calon DPRD Kabupaten. Sehingga. Mengingat ada 5 lembar suara, peserta diajak lebih cermat dalam memilih karena kemungkinan membutuhkan waktu agak lama saat memilih dan menghitung suara.

Pelaksanaan Sosialisasi Pemilu 2019 ini berjalan dengan baik tertib dan lancar. Bahkan saat diberikan waktu tanya jawab usai pemaparan materi oleh narasumber, para peserta dengan semangat terlibat dalam sesion tanya jawab. Materi yang disampaikan narasumber sangat menarik sehingga peserta yang hadir mengikuti dan memperhatikan dengan penuh semangat. Mereka memberi tanggapan positif dan aktif terlibat dalam tanya jawab. Peserta Sosialisasi Pemilu 2019 ini terdiri dari beberapa unsur dengan perbedaan usia dan latar belakang yang berbeda. Peserta mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. (dn)