WKRI Sragen peduli kesehatan & kesejahteraan

Mageru (LENTERA) – WKRI (Wanita Katolik Republik Indonesia) Cabang Sragen mengadakan agenda rutin . Trimester, yaitu Rapat Koordinasi pengurus dan anggota se-Paroki Sragen. Minggu (10/3). Dalam rapat tersebut juga dilaksanakan sosialisasi deteksi kanker payudara dan kanker leher rahim (serviks) dengan metode IV A test di Aula SD Santo Fransiskus Sragen.

Ibu Florentina Suprapti sebagai Ketua WKRI Cabang Sragen membuka acara tersebut pukul 09.00 dengan member sambutan dan pengantar. Ibu Yuliana Agustin Sri Sumiwi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen memberikan materi tentang bagaimana mendeteksi dan mencegah terjadinya kanker rahim.

Kegiatan tersebut senada dengan program pemerintah dalam bidang kesehatan. Sosialisasi tentang bagaimana mendeteksi penyakit kanker dilakukan karena tidak sedikit penderita kanker yang sudha terlambat tanpa dapat mendeteksi lebih dini gejala-gejala kanker payudara dan kanker rahim. Salah satu metode yang digunakan untuk mendeteksi adalah tes IVA.

Ibu Yuliana mengatakan bahwa pemeriksaan dengan metode IVA dapat dilakukan setiap lima bulan sekali, sedangkan Pap Smear dapat dilakukan setahun sekali, juga yang tidak aklah penting adalah tes HPV. Jika leher rahim dapat diketahui lebih dini, penyakit kanker tersebut dapat sembuh total.
Ibu Yuliana menegaskan pentingnya dukungan keluarga terutama pasangan dalam mendukung ibu atau pasangan dalam dalam pemeriksaan dan pengobatan.

Setelah kegiatan sosialisasi kesehatan, ibu –ibu pengurus dan anggota WKRI Sragen melakukan pelatihan pembuatan baki lamaran. Pemberi materi dalam kegiatan tersebut Ibu Margaretha Anik Candra.kegiatan pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan remaja putrid dan ibu-ibu sehingga mereka dapat menggunakan ketrampilan tersebut untuk membuka lapangan kerja. Dengan adanya ketramnpilan tersebut diharapkan kesejahteraan keluarga dapat meningkat. (WKRI)