Kaum Muda dan Internet ?

Mendengar kata internet, apa yang teman-teman muda bayangkan? Kemudahan, perkembangan, efisiensi? Atau malah anti sosial, kekejaman, kemunduran?. Ya, banyak pengaruh positif dan negatif dari adanya internet, sebagai orang muda katolik kita secara sadar harus bisa menyikapi itu dari segi positif.

Sesuai dengan tema Lentera merajuk pada hari komunikasi sedunia , mari sahabat muda peran kita sebagai kaum muda sangat berpengaruh dalam era digital ini karena hanya dengan jari jemari saja kita bisa mewartakan kebaikan ke semua orang.

Nah menjadi tantangan kita untuk lebih bijak dalam ber media sosial, mari kita gunakan media untuk menjadi sarana pewartaan. Banyak cara kita untuk memanfaatkan internet jadi sarana pewartaan, sebagai contoh.

Dengan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram kita bisa menshare berbagai hal renungan, kutipan ayat kitab suci, berita bahagia, dll. Atau dengan youtube kita bisa bermain Vlog yaitu seperti membuat diary/ renungan dengan berformat video sehingga mudah dipahami oleh semua orang. Gereja juga harus bisa mengikuti perkembangan di era digital ini, agar bisa menjaring seluruh umat dengan mudah, bisa berkomunikasi dengan umat yang berada dipinggiran wilayah paroki dengan mudah.

Jadi semua bisa merasakan kehadiran gereja lebih dekat lagi, seperti fungsi utama internet lebih tepatnya media sosial mendekatkan yang jauh, merapatkan yang dekat. Karena sekarang hampir 90% orang memanfaatkan media sosial dikehidupan keseharian mereka. Hampir dipastikan semua anak muda pasti sudah punya smartphone sendiri- sendiri, ayo kita manfaatkan kemudahan teknologi ini dengan menyebarkan kebaikan ke semua Orang, Stop hoax!! Stop ujaran kebencian!!

Orang Muda Katolik siap menjadi pewarta kasih Karunia Allah, Duc in Altum (TDR)