Novena 5 Ngrawoh : Gembala yang Baik Mengenal Bau Dombanya

Ngrawoh (LENTERA) – Novena ke-5 yang dilaksanakan di Taman Doa Santa Perawan Maria di Fatima Ngrawoh mengambil tema “Umat Allah KAS terlibat dalam pemenuhan Pendidikan, Demi Membangun Kesejahteraan Umum dalam Masyarakat Multikultural”, Kamis (27 /6). Perayaan Ekaristi juga merupakan perayaan Hari Raya Hati Yesus Yang MahaKudus. Perayaan Kudus yang dimulai pada pukul 19.00 tersebut, dipimpin oleh Romo Andreas Setyo Budi Sambodo, Pr, dengan petugas liturgi umat Wilayah Paulus.

Dalam homilinya, Romo Buset, nama beken Romo Budi Sambodo, mengatakan bahwa gembala yang baik harus mengenal domba-dombanya, bahkan mengenal bau dombanya. Romo mengatakan bahwa mencium bau dombanya berarti mengenal domba dengan mendalam. Romo memberikan contoh bagaimana pendampingan yang dia berikan kepada Seminaris yang dia dampingi di Seminari Menengah Ketapang Kalimantan.

Romo Buset menjabarkan Lukas bab 4, ayat 3-7, tentang perumpamaan domba yang hilang. “Kenapa gembala mencari 1 ekor karena 99 sudah dijalan yang benar. Artinya, Tuhan tidak ingin ada yang hilang satupun. Hidup kita sungguh sangat berharga, tidak bisa diganti dengan materi atau kekayaan apapun.” Lebih lanjut Romo Buset memberikan semangat kepada umat yang hadir: “Tidak perlu khawatir, kesehatan juga perlu disyukuri, kita menjadi pribadi yang mudah bersyukur dan meyakini Kristus adalah gemba yang baik.”

Romo Buset juga mengajak 13 Siswa Seminari Menengah Ketapang. Seminaris tersebut diajak untuk lebih mengenal tradisi dan budaya di Jawa. (dn)