Sambut Komuni Pertama

Jenawi (LENTERA) – Sebagai bentuk persiapan dalam menerima Sakramen Komuni Pertama, anak-anak calon komuni pertama yang berjumlah 42 orang mengikuti Triduum, yang merupakan waktu khusus sebagai “Persiapan” batin mempersiapkan diri mereka untuk menyambut tubuh dan darah Kristus secara layak dan pantas. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, pada Sabtu-Minggu, 15-16 Juni.

Pada hari Sabtu (15/6), pukul 17.00, Triduum hari pertama upacara pembuka kegiatan permainan ringan oleh fasilitator kegiatan yang adalah anggota Forum Komunikasi Pelajar Katolik (FKPK) Sragen yang berjumlah 20 orang. Fasilitator ini bertugas untuk mendampingi peserta calon sambut Komuni Pertama dalam persiapan sambut Komuni, terutama mengingatkan calon sambut Komuni akan pelajaran.

Dalam penyampaian manterinya fasilitator menggunakan metode permainan. Peserta triduum sangat antusias dengan dinamika permainan yang semakin memperdalam pemahaman mereka akan arti tujuh sakramen, Sakramen Inisiasi, sikap liturgi, Tatacara Perayaan Ekaristi, Sakramen Tobat.

Kegiatan Out bound dilakukan pada Sabtu (16/6). Ada tiga pos dalam kegiatan tersebut, masing – masing pos memiliki tujuan untuk memperkenalkan peserta calon sambut komuni untuk lebih menghayati iman Katolik. Kegiatan dinamika permainan tersebut mendorong peserta untuk dapat membuat doa spontan, semakin mendalami kisah santo-santa yang menjadi nama baptis mereka, semakin terlibat aktif di dalam paguyuban, mengerti sikap doa yang baik, dan lebih mengenal kekayaan iman Katolik. Bersamaan dengan kegiatan out bound, orang tua dari calon Komuni Pertama juga mendapat arahan dari panitia dalam persiapan penerimaan Tubuh dan Darah Kristus.

Penerimaan Sambut Komuni Pertama dilaksanakan pada Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, Minggu 23 Juni, di Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen. (Fkpk_Sra)