Pelatihan Teknik Paduan Suara dan Dirigen

Mageru (LENTERA) – Kegiatan pelatihan teknik-teknik paduan suara dan dirigen dilaksanakan di gedung Rosa De bie RSU Mardi Lestari Minggu (7/7) Sragen. Pada pukul 09.00, peserta yang berjumlah 96 orang yang merupakan perwakilan dari lingkungan di Paroki Sragen serta perwakilan kelompok paduan suara kategorial tersebut mengikuti pelatihan dengan sangat antusias.

Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Tim Kerja Paduan Suara Dewan Pastoral Paroki Sragen dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan menggereja, khususnya pada paduan suara saat perayaan misa. Saudara Alfonso Andika Wiratma menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.

Alfonso Andika melatih peserta yang hadir bagaimana cara memproduksi suara dengan baik, bagaimana menyimpan dan mengeluarkan nafas dalam bentuk syair. Alfonso Andika menekankan bahwa dalam paduan suara, hal terpenting yaitu menyamakan frekuensi suara, dengan melakukan pernafasan dan pengucapan kalimat dengan benar. Peran dirigen dalam sebuah paduan suara, yaitu menjadi motor dan penghubung dengan pengiring supaya mendapatkan sinergi yang baik. “Untuk Tuhan, harus memberikan sebaik-baiknya, jadi kelompok koor yang bertugas koor harus mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya dengan berkomitmen untuk latihan,” kata Alfonso Andika yang pernah menjadi juara pertama ajang International Choral Festival di Florence, Italia.

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung dengan lancar, menarik dan interaktif. Peserta yang hadir merasakan bagaimana praktek pernafasan dan produksi suara yang benar. Tim Kerja Paduan Suara menyatakan bahwa kegiatan tersebut dapat menjadi inspirasi untuk paduan suara di lingkungan dan paduan suara kategorial agar paduan suara dapat dipersiapkan dengan baik kedepannya. Mereka juga berharap adanya tindak lanjut dari kegiatan tersebut terutama dalam pelayanan liturgi. (Herlin_Agustin)