Bunda Maria Mengunjungi Umat di Lingkungan

Paroki Sragen (LENTERA) – Kegiatan Visitasi Bunda Maria yang merupakan sebuah tradisi menjelang Hari Ulang Tahun Paroki Sragen kembali dilaksanakan dalam rangka Hari Paroki Sragen ke-62.  Sabtu (13/7), pada Perayaan Ekaristi Patung Bunda Maria diberkati oleh Romo Medardus Sapta Margana Pr di Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen, kemudian dilepas menuju Stasi Yulius Jenawi.

Patung Maria ini akan berkeliling ke lingkungan, wilayah, stasi di Paroki Sragen. Empat puluh delapan lingkungan akan didatangi oleh Bunda Maria. Umat berjaga bakti di hadapan Bunda Maria selama 24 jam, dan untuk seterusnya umat menghantarkan Bunda Maria ke lingkungan selanjutnya, begitu seterusnya, hingga sampai kembali ke Gereja Paroki Sragen.

Kegiatan mengambil inspirasi kisah Kitab Suci dalam Injil Lukas (Luk1:39-45) yaitu kisah kunjungan Maria ke rumah Elisabeth yang merupakan kunjungan yang menggembirakan. Bayi yang sedang dikandung oleh Elisabeth melonjak kegirangan saat berjumpa Maria.

Dalam kegiatan kunjungan Bunda Maria ini, bukan hanya hal rohani saja yang diperoleh. Keakraban antar umat semakin erat, baik antar umat di lingkungan, maupun dengan umat dari lingkungan lain yang menghantarkan Bunda Maria. Umat di lingkungan antusias menyambut Patung Bunda Maria di lingkungan mereka.

Selama kegiatan jaga bakti tersebut, umat lingkungan bukan hanya diisi dengan doa dan membaca kitab suci saja, tetapi juga ada kegiatan lain seperti sarasehan, rapat lingkungan, latihan kor. Recananya patung Bunda Maria akan kembali ke Paroki pada puncak perayaan hari ulang tahun Paroki Sragen, yaitu pada tanggal 2 September.