Pelatihan Pembawa Acara

Paroki Sragen (LENTERA) – Tim Kerja (Timker) Mitra Perempuan, Bidang IV Dewan Pastoral Paroki Sragen, mengadakan kegiatan Pelatihan Presenter dan Pambiwara di Aula SMP Saverius I Sragen, Minggu (25/8).

Tujuan kegiatan tersebut adalah pelatihan kepada umat Paroki Sragen supaya dapat menjadi pembawa acara yang baik dalam acara formal dan non formal, maupun juga dalam pranatacara pengantin jawa. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan perayaan HUT Paroki Santa Perawan Maria di Fatima Sragen.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 71 orang perwakilan lingkungan di Paroki Sragen. Narasumber kegiatan tersebut adalah Anastasia Mira Lusita, Humas Sekretariad Daerah Sragen, dan Bartimeus Suseno. Kegiatan dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, doa pembuka, dan sambutan dari Andreas Kosasih, dan RD Medardus Sapta Margana.

Narasumber menyampaikan bagaimana cara membawakan acara dalam berbagai kegiatan baik formal maupun non formal. Narasumber menekankan bagaimana pranatacara memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah acara. Narasumber memberikan batasan tentang bagaimana syarat utama dalam berbicara terutama teknik vokal, modal utama, persiapan materi, dan pembawaan dalam berbicara di depan publik.

Peserta pelatihan merasakan antusias untuk memahami bagaimana menjadi pembawa acara yang baik terutama dalam pemilihan kata yang benar. Karena waktu pelatihan yang terbatas, eserta masih menginginkan adanya kelanjutan kegiatan pelatihan terutama pada materi pembawa acara pengantin jawa, yaitu bagaimana menjadi pambiwara pengantin.