Pembekalan Pemandu Kitab Suci

Paroki Sragen (LENTERA) – Tim Kerja Pemandu & Kerasulan Kitab Suci Dewan Pastoral Paroki Sragen , Minggu (25/08) mengadakan Pembekalan Pemandu Lingkungan Bulan Kitab Suci Nasional di Aula SMP Saverius Sragen.

Acara dipandu oleh Yohanes Sukadi Ayub, Gabriel Nahak, Theresia Eko Setyowati, Martina Ekawati, dan Anastasia Tri W. Kegiatan pembekalan diawali dengan doa pembuka oleh Yustina Sri Winarsih, dan pengantar oleh Yohanes Sukadi Ayub yang dilanjutkan dengan penyampaian materi. Tema Bulan Kitab Suci Nasional 2019 adalah “Mewartakan Kabar Baik di Tengah Krisis Lingkungan Hidup.” Gagasan Pendukung BKSN 2019 adalah mendekatkan umat kepada Kitab Suci serta peduli lingkungan dengan menyelamatkan ciptaan-Nya.

Belajar dari Kisah Nabi Nuh dalam Kitab Suci ketika manusia sombong dan merusak ciptaan Tuhan. Datanglah air bah yang memusnahkan kehidupan dan alam seisinya. Namun Allah mempertahankan makhluk pilihan untuk memperbaiki kehidupan. Allah membuat Perjanjian dengan Nabi Nuh untuk tidak akan mendatangkan air bah demi keselamatan manusia, demikian disampaikan oleh Gabriel Nahak.

Sedangkan Theresia Eko menyampaikan cara-cara yang menjadi solusi untuk mengatasi krisis di lingkungan, misalnya tidak membakar sampah organik dan dijadikan pupuk dengan menaruh sampah organik misalnya daun-daunan ke dalam pot-pot yang ada, mengurangi penggunaan kemasan plastik, styrofoam, dst. Umat yang hadir diajak untuk peduli lingkungan terhadap air, energi, sampah dan limbah, kemasan, dll

Martina Ekawati pada kesempatan itu mengajak untuk membentuk Kelompok Kitab Suci di lingkungan-lingkungan sehingga umat bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman iman, serta memperdalam Kitab Suci.(Gab)