Lomba Lektor

Paroki Sragen (LENTERA) – Tim Kerja Lektor Dewan Pastoral Paroki Sragen, Minggu (22/09) mengadakan Lomba Lektor Membaca Kitab Suci di Gereja Paroki Sragen dan SMP Saverius Sragen dan diikuti oleh 91 orang.

Peserta Lomba ini meliputi 3 kategori, yakni Kategori Anak (SD – SMP kelas 1); Kategori Remaja (SMP kelas II – SMA) dan Kategori Dewasa (usia 20 tahun – ke atas). Dalam Lomba ini peserta membacakan 2 bacaan Kitab Suci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa .

Sebelum Lomba diawali dengan sambutan dari Romo Yohanes Ngatmo, Pr; Bp. Albertus Anang (Ketua Bidang 1 Dewan Pastoral Paroki Sragen) serta Ibu Imaculata Siti Suparni (Koordinator Tim kerja Lektor).
Dijelaskan bahwa tujuan diadakan Lomba Lektor ini adalah untuk menjaring Lektor-lektor muda, memberikan pelatihan mengenai tehnik membaca Kitab Suci dan mengajak semuaanggota Lektor untuk lebih aktif dalam kegiatan Lektor.Dijelaskan pula mengenai tehnik membaca Kitab Suci yang meliputi cara bersikap dan berpenampilan sebagai Lektor pada waktu bertugas di Misa

Adapun kriteria penilaian juri dalam Lomba Lektor ini meliputi Vokal (olah suara), artikulasi (Ucapan jelas, muda ditangkap oleh umat), Intonasi (Lagu baca untuk titik, koma dan tanda baca lain), Frasering (Pemenggalan kalimat agar tidak mengubah arti yang dimaksud dalam Kitab Suci) dan Penampilan (cara berpakaian, membawa Kitab Suci, ekspresi dan gerak tubuh).

Lomba Lektor Baca Kitab Suci ini berjalan lancar dan baik. Jumlah peserta Lomba cukup banyak dan umat terlihat sangat antusias mengikuti dan menyaksikan proses Lomba ini dengan penuh semangat. (RTI)