Temu Gayeng PIOD – PIUL

Mageru (LENTERA) – Tim Kerja PIOD (Pendampingan Orang Dewasa) & PIUL (Pendampingan Iman Usia Lanjut) Dewan Pastoral Paroki Sragen, Minggu (27/10) mengadakan acara “Temu Gayeng Orang D ewasa & Usia Lanjut” di Aula Rosa De Bie Rumah Sakit Mardi Lestari Sragen dan dihadiri 150 orang yang merupakan perwakilan dari lingkungan-lingkungan yang ada di Paroki Sragen ini.

Mengambil tema “Tua Tak Renta, Sakit Tak Sengsara, Sehat Imani dan Rohani “ini diawali dengan doa pembuka oleh Suster Verena SFS, dilanjutkan Laporan Panitia : Bp. Ig. Marsono dan sambutan oleh Rm. Yohanes Ngatmo, Pr.

Narasumber acara ibu Dra. Elly Irawan, MS Psikologi CHT pada kesempatan itu mengatakan sehat itu penting dan mahal harganya. Perlu disadari bahwa fungsi intelektual menurun seiring proses penuaan yang diikuti berbagai macam masalah antara lain: Gangguan persepsi (mudah marah, sedih, tersinggung), Penurunan konsentrasi (kesulitan memusatkan perhatian), Gangguan Bahasa dan komunikasi, Penurunan daya ingat (Peristiwa, nama orang, meletakkan sesuatu).

Oleh sebab itu peserta diajak untuk melakukan hal-hal yang positif yang berguna bagi tubuh dan jiwa . Salah satunya adalah melakukan senam otak dengan gerakan tangan dan tubuh yang bertujuan memicu otak kiri maupun otak kanan dengan gerakan harmonis antara anggota tubuh bagian kanan dan bagian kiri. Di usia lanjut kita, peserta diajak untuk berpikir positf dalam segala hal.

Acara ini berjalan dengan baik dan lancar.Peserta yang hadir sangat senang dan bersemangat mengikuti acara ini hingga selesai karena tidak membosankan. Mereka berharap ke depan acara semacam ini diadakan lagi karena itu penting untuk kesehatan terutama yang sudah sepuh-sepuh. (YSW).