Temu Raya Pelajar Katolik

Taman Sari (LENTERA) – FKPK Sragen mengadakan TRP (Temu Raya Pelajar) Katolik Se – Kabupaten Sragen dari SMP , SMA/SMK dengan tema “Sampun Wancine Angabdi Ing Gusti” (SWAG) yang ingin merangkul pelajar yang belum aktif pelayanan di Gereja. Konsep TRP adalah Kirab Salib yang bertujuan memaknai perjalanan Tuhan Yesus yang memanggul salib demi menebus dosa manusia. Ada 4 Wilayah yang dibagi untuk Kirab Salib tersebut yakni Rayon Selatan, Rayon Utara, Rayon Barat dan Rayon Timur.

TRP 2019 diawali dengan Opening Ceremony melibatkan perwakilan sekolah yang membawa logo sekolahnya dengan Penyerahan Salib dari FKPK ke Rayon yang Pertama yaitu Rayon Barat, Selasa (15/10) di Kapel Banyuning. Hari ke-2 Penyerahan Salib dari FKPK ke Rayon Selatan, Rabu (16/10) di Aula SMP Saverius. Hari ke-3 Penyerahan Salib dari FKPK ke Rayon Timur, Kamis (17/10) di Kapel Ngrampal. Hari terakhir Salib dikirabkan Ke Rayon Utara, Jumat (18/10) di Aula SMAN 2 Sragen. Romo mewajibkan semua rayon ada waktu minimal 30 menit untuk pemberian materi dari katekis yang ada di Rayon tersebut. Bapak/ibu guru pendamping dari masing masing sekolah turut serta dalam acara tersebut.

Puncak dari TRP 2019, Sabtu (19/10) di SMA Saverius, acara pertama Perarakan Salib di ikuti Bendera Indonesia , Vatikan , FKPK , dan logo-logo Sekolah yang dibawa Perwakilan Persekolah dilanjutkan sambutan dari Romo Paroki, Dewan Paroki, Pak Puguh, dan Ketua Panitia. Peserta dibagi menjadi kelompok untuk menerima materi dari para Katekis , dilanjutkan Talk Show tentang TRP dan mengajak untuk sadar dan terjun dalam kegiatan. Setelah itu Pensi (Pentas Seni) dari Rayon- Rayon.

Acara utama Misa oleh Rm. Medardus Sapta Margana, Pr yang mengajak para pelajar merenungkan pengorbanan Yesus disalib, para pelajar diajak keluar dari zona nyaman dan kembali ke jalan Tuhan. Diharapkan para pelajar sadar akan pentingnya kehidupan menggereja di era Milenial ini. Teknologi modern yang terus berkembang dikatakan dapat mendekatkan yang jauh, tapi juga menjauhkan yang dekat. Semoga dari TRP ini bisa menjadi “Garam dan terang Dunia” di era ini. (FKPK)