Rekoleksi Lingkungan Plumbungan Indah

Jenawi (LENTERA)– Lingkungan Ignatius de Loyola Plumbungan Indah mengadakan rekoleksi umat lingkungan di Kawasan Gereja Animasi Santo Julius Jenawi, Minggu, (17/11). Tema yang diangkat adalah “Peningkatan Partisipasi Hidup Menggereja”. OMK Lingkungan Ignatius yang dikoordinir oleh Saudara Widhi menjadi fasilitator dan penggerak kegiatan rekoleksi yang diikuti oleh 153 orang peserta yang terdiri dari elemen PIUD, PIA, PIAR, PIOM, PIOD dan PIUL.

Pada pukul 08.00, sesi pertama dimulaidengan kegiatan pengarahan dan menyanyikan lagu-lagu pujian sehingga peserta semakin hangat dan akrab satu dengan yang lain. Pada sesi kedua, peserta dibagi menjadi kelompok orang tua, dan kelompok anak-remaja.

Bapak Supriwidodo memandu kelompok orang tua mengangkat “Keluarga Mini” yang berdasarkan Ensiklik Familiaris Consortio tentang panggilan keluarga yang merupakan panggilan Gereja, untuk mewartakan Kerajaan Allah dengan Kasih. Keluarga adalah gereja mini yang memiliki tugas mewartakan kasih Allah melalui partisipasi aktif dalam kegiatan Gereja maupun masyarakat.

Kelompok remaja dan anak-anak didampingi olehKristin dan Widhi juga mendorong anak remaja berpartisipasi aktif dalam hidup menggereja dengan materi yang disampaikan dengan cerita, gim ringan dan menyanyikan lagu rohani.

Sesi ketiga, Romo Yohanes Ngatmo mengawali materinya dengan menceritakan pengalaman hidup di dalam keluarga. Romo mengajak agar habitus doa dan baca kitab sucidalam keluarga mulai ditegaskan kembali agar orang tua dan anak semakin akrab dengan kebiasaan.

Kebiasaan tersebut sangat relevan untuk membendung gempuran tantangan zaman di era Milenial yang sangat sekular, yang menjauh dari Tuhan. Romo Ngatmo mengajak kelurga untuk mencetak keluarga yang militan dan kompeten. Kegiatan rekoleksi ditutup dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Romo Ngatmo.