Seminar Pendidikan Guru & Karyawan Beragama Katolik

Taman Sari (LENTERA) – Dalam rangka mewujudkan pendidikan berkualitas dan berkarakter serta menguasai kecakapan ke-21 (Era Revolusi Industri 4.0), Minggu (08/12) Tim Kerja Pendidikan Paroki Sragen mengadakan Sarasehan Guru dan Karyawan Katolik beragama Katolik di Aula SMA Saverius Sragen dengan Narasumber Dr. Sri Handayani, M.Hum (Pengawas Pembina SMP).

Peserta sarasehan adalah para guru dan karyawan beragama Katolik di Kabupaten Sragen. Dari kegiatan ini diharapkan guru dan karyawan saling bersinergi di unit kerja masing-masing dengan memanfaatkan kemajuan informasi dan terus mengembangkan kompetensi dengan cara belajar terus menerus sepanjang hayat dan mengembangkan diri.

Diawali lagu Indonesia Raya dan Doa Pembuka oleh Ibu Wiwiek Yulistriani, acara dilanjutkan laporan Ketua Panitia Ibu Margaretha Teti S. Romo Paroki Sragen, Rm. Merdardus Sapta Margana, Pr berkenan hadir dan memberikan sambutan serta membuka sarasehan.

Dalam acara inti, Narasumber menyampaikan bahwa tugas guru di era Revolusi Industri 4.0 adalah menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya. Termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak serta sebagai inspirator bagi anak didiknya. Para guru dapat mengembangkan kompetensi-kompetensi, mampu melakukan penilaian secara komprehensif. Guru masa kini harus mampu merancang instrument penilaian yang menggali semua aspek yang menyangkut siswa.

Para guru diharapkan memiliki kompetensi abad 2.1 yang meliputi Karakter, Ketrampilan, dan Literasi, kompetensi abad 21 mengharuskan guru melek dalam berbagai bidang. Dari penjelasan narasumber semakin jelas bahwa guru dan karyawan harus berdaya ubah mengadapi era disrupsi yang perubahannya terus menerus, cepat, tidak terdeteksi. Sesuai tema Adven menjadi manusia yang transformatif, diharapkan guru dan karyawan dapat mendukung dalam partisipasi di dalam Gereja dan masyarakat melalui dunia pendidikan . (TT)