REKAT Sragen : Public Speaking 2020

Paroki Sragen (LENTERA) -Setelah rapat membahas konsep dan tema Public Speaking tahun ini, akhirnya REKAT berhasil mengadakan “Public Speaking” dengan tema “Berpelayanan Dalam Masa Milenial” , Minggu (19/01) di Aula SMP Saverius Sragen. Dari tema ini, REKAT berhasil mengambil beberapa masalah yang ada, khususnya para remaja katolik untuk dibahas bersama.

Dibuka oleh MC dari REKAT (Lisa dan Ines) dilanjutkan Doa Pembuka (Vero) dan Sambutan Ketua pelaksana (Arron Wibowo) dan juga sambutan oleh Ibu Retno selaku Pendamping Iman Anak & Remaja. Moderator acara, Christin P N memaparkan beberapa peraturan Public Speaking. Setiap kelompok memiliki waktu 10 menit untuk mendiskusikan masalah yang mereka dapat dari undian, di dalam kelompok memiliki moderator, penyaji materi, dan notulis diskusi. Selama berjalannya diskusi, peserta tidak diperkenankan untuk memakai alat bantu teknologi bentuk apapun.

Setelah berdiskusi, penyampaian materi dari tiap kelompok , wakil kelompok naik podium dan berpendapat selama 2 menit, peserta diskusi diharap tetap tenang dan memperhatikan. Sesi bertanya hanya diberi waktu selama 1 menit dan sebagai pro atau kontra.

Keseluruhan kelompok mampu menyelesaikan sajiannya dengan begitu apik, dan menarik kesimpulan bahwa ‘selayaknya remaja dan kaum muda sebagai militan yang milenial harus tetap mempertahankan jati diri kekatolikan dengan mampu berbuat kasih, mampu berbagi, mampu membedakan baik dan benar di duna ini, mampu melestarikan budaya kita sebagai Indonesia, dan mampu memilih dan memilah hal yang pantas pada jenjang umur kita saat ini’. (REKAT )