Pelatihan Aksesor Family Care Center

Tawangmangu (LENTERA) – Komisi Pendampingan Keluarga Kevikepan Surakarta mengadakan acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aksesor Family Care Center yang dihadiri oleh para pendamping Keluarga dari Paroki-paroki se-kevikepan Surakarta, Sabtu (29/03) s/d Minggu (01/03) bertempat di Rumah Retret Santa Maria Tawangmangu Karanganyar.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas Aksesor dan melatih para Aksesor baru di tiap Paroki . Peserta yang hadir berasal dari Paroki Sragen (9 orang), Paroki Gondang, Paroki Klaten, Paroki Delanggu, Paroki Kleco, Paroki Purwosari, Paroki Purbayan dan Paroki Purbowardayan (masing-masing 8 orang) serta ditambah para pengurus Komisi Keluarga Kevikepan (15 orang).

Narasumber acara ini ada 3 orang yang merupakan para Psikolog dari Universitas Soegijapranata Semarang yakni : Ibu Margaretha Sih Setija Utami , Bp. A.Rachmad Djati Winarno dan ibu Rika.

Pada kesempatan tersebut narasumber menyampaikan berbagai materi mulai dari masalah keluarga di sekitar, Keluarga menurut Gereja Katolik; Fungsi keluarga menurut pemerintah Indonesia (PP No.21 Tahun 1994 Bab 2, pasal 4 ayat 1) hingga menjelaskan tentang sikap dasar dan pedoman Aksesor, studi kasus hingga diskusi kelompok.

Kegiatan ini berlangsung sangat dinamis, banyak tanya jawab dari peserta dan narasumber dalam kegiatan studi kasus. Pelatihan ini benar-benar sangat bermanfaat dan mengena bagi para peserta, utamanya dari Paroki Sragen yang berencana mendirikan Family Care Center.

Kesan dari peserta mengatakan bahwa pelaksanan Pelatihan ini sangat bagus, didukung oleh para pakar dari lembaga pendidikan yang terkenal, hanya sayang waktunya sangat terbatas. Harapannya agar pelatihan semacam ini bisa berlanjut di tahap selanjutnya. (PSI)