Rapat Koordinasi WKRI Sragen & Sosialisasi Virus Corona

Banyuning (LENTERA) – Wanita Katolik RI Dewan Pengurus Cabang Kabupaten Sragen mengadakan Rapat Koordinasi, Minggu (15/03) bertempat di Kapel Santo Yosef Banyuning, Sidoharjo yang dihadiri 80 orang terdiri dari pengurus dan anggota WKRI Cabang Sragen. Kegiatan ini merupakan program rutin WKRI Sragen. Diawali dengan pembukaan, pembentukan ranting dan laporan hasil konferda, acara dilanjutkan Sosialisasi Stunting dan Virus Corona oleh dr. Y. Agus Sudarmanto.

Stunting adalah keadaan dimana tinggi badan berdasar umur rendah atau keadaan tubuh anak lebih pendek dibandingkan anak seusianya. Hal itu muncul akibat keadaan yang berlangsung lama seperti kemiskinan, perilaku pola asuh yang tidak tepat. Sering menderita penyakit secara berulang karena higeinis dan sanitasi yang yang kurang baik, demikian diungkapkan oleh dokter Agus, Narasumber Acara. Dijelaskan pula beberapa faktor dan dampak serta anjuran kepada ibu-ibu untuk mencegah dan menghadapi hal tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga disosialiasikan tentang Virus Corona yang sedang mewabah di seluruh dunia saat ini. Coronavirus atau virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu. Banyak orang terinfeksi virus ini, setidaknya satu kali dalam hidupnya. Cara penularan melalui percikan air liur pengidap (batuk dan bersin), menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi dan menyentuh mata, hidung atau mulut setelah memegang barang yang terkena percikan air liur pengidap virus corona. Gejala Infeksi Coronavirus adalah hidung beringus,sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan.Kemudian demam dan merasa tidak enak badan.

Gejala lebih berat adalah demam yang mungkin cukup tinggi bila pasien mengidap pneumonia, batuk dengan lendir, sesak napas hingga nyeri dada atau sesak saat bernapas dan batuk.

Pengobatan Infeksi Coronavirus adalah minum obat yang dijual bebas untuk mengurangi rasa sakit, demam, dan batuk. Namun, jangan berikan aspirin pada anak-anak.. Selain itu, jangan berikan obat batuk pada anak di bawah empat tahun. Gunakan pelembap ruangan atau mandi air panas untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Perbanyak istirahat dan perbanyak asupan cairan tubuh. Jika merasa khawatir dengan gejala yang dialami, segeralah hubungi penyedia layanan kesehatan terdekat.

Dalam kegiatan ini terbentuk 3 ranting yakni : Ranting Kedawung; Ranting Gemolong dan Ranting Sidoharjo. Sedangkan Ranting Sragen belum terbentuk karena belum memenuhi kuorum. Rapat pleno selesai pukul 12.00 ditutup dengan Misa yang dipimpin Romo Medardus Sapta Margana,Pr. (Pj)