Aksi Sosial Paskah 2020 Paroki Sragen

Paroki Sragen (LENTERA) – Perayaan Paskah tahun 2020 terasa sepi karena tidak ada perayaan Paskah di Gereja, mengingat adanya pandemi virus corona. Panitia Paskah 2020 Paroki Sragen bekerjasama dengan Tim Kerja PSE Dewan Pastoral Paroki Sragen tetap menjalankan perannya. Sebagai wujud bhakti sosial di Hari Raya Paskah, perubahan fokus kegiatan diarahkan ke Aksi Sosial kepada masyarakat umum yang membutuhkan bantuan, terutama mereka yang terdampak oleh Pandemi Virus Corona..

Setidaknya ada 250 paket sembako yang didistribusikan ke 4 wilayah yang ada di dalam kota Sragen dan kemudian bantuan distribusikan oleh 48 Lingkungan yang ada di Paroki Sragen. Penyerahan bantuan berupa sembako ke masyarakat umum dilaksanakan bertepatan dengan Hari Raya Minggu Paskah, Minggu (12/04).

Berangkat dari Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen, sebelumnya diadakan doa bersama oleh Romo Medardus Sapta Margana, Pr dan Panitia Paskah 2020 agar kegiatan ini berjalan lancar, setelah itu mobil yang membawa bantuan paket sembako berangkat menuju lokasi-lokasi yang telah ditunjuk untuk mendistribusikan bantuan peduli kemanusiaan tersebut.

Hal yang menjadi catatan bahwa penyerahan bantuan sembako tersebut dilakukan hanya oleh beberapa orang dan tidak ada pengerahan massa. Sebelumnya para Ketua Lingkungan sudah mendata warga yang membutuhkan dan layak menerima bantuan. Kemudian bantuan diserahkan kepada para warga yang membutuhkan bantuan.

Ungkapan kasih paskah menjadi hal yang rutin dilaksanakan di setiap perayaan Paskah, dan karena ada dampak pandemi corona, kegiatan sosial memprioritaskan para warga yang terdampak pandemi virus corona tanpa memandang suku, agama dan ras. Diharapkankan bantuan ini dapat meringankan beban warga akibat dampak pandemi virus Corona, demkian diungkapkan Romo Medardus Sapta Margana, Pr, Romo Paroki Sragen. (dn)