Umat Katolik Paroki Sragen Produksi & Sumbang APD Face Shield untuk paramedis ke Rumah Sakit & Puskesmas

Paroki Sragen (LENTERA) – Di tengah pandemic Covid-19 / Corona banyak rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya di berbagai daerah melaporkan kelangkaan APD (Alat Pelindung Diri). Kelangkaan APD bagi tenaga medis juga terjadi di Kabupaten Sragen. Kelangkaan APD memerlukan peran serta dan keterlibatan masyarakat untuk membantu mengusahakan. Peran serta masyarkat dapat diwujudkan melalui aksi sosial penggalangan dana maupun dapat diwujudakan dalam karya.

Gereja Katolik Santa Perawan Maria di Fatima Sragen menyerahkan APD Face Shield (kaca pelindung wajah) sebanyak 100 pcs ke Kantor Dinas Kesehatan Sragen, Selasa (14/04). Penyerahan APD Face Shield diserahkan oleh Romo Medardus Sapta Margana Pr (Romo Paroki Sragen) dan diterima langsung oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas kesehatan Kabupaten Sragen dr. Y. Agus Sudarmanto, MKes, yang didampingi oleh dr Nengah Oka Kasi Pelayanan Dasar. Turut serta dalam penyerahan bantuan APD face shield, perwakilah dari umat Katolik yaitu Ketua Lingkungan Santa Lucia Bapak Y. Masalimin dan M. Heru Palmiyanto sebagai wakil umat.

Alat pelindung mata dan muka (face shield) adalah alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi mata dan muka dari paparan partikel-partikel yang melayang di udara dan percikan air atau drop plet.

Pembuatan APD face shield diprakarsai oleh umat lingkungan Santa Lucia Tamansari, Paroki Sragen. Saat ini telah memproduksi APD face shield sebanyak 1500 pcs. APD face shield buatan umat lingkungan Santa Lucia Tamansari telah didistribusikan ke RSU. dr. Moewardi Solo, RSUD Kab. Sragen, RSU Mardi Lestari Sragen, RSU Sarila Husada Sragen dan Puskesmas-puskesmas di Kabupaten Sragen, Klinik Mardi Lestari Grobogan, Klinik Mardi Waluyo Sukabumi, selain itu juga atas permintaan beberapa Paroki antara lain dari Romo Bondan di Kalimantan. (HP)