OMK Paroki Sragen Berbagi Berkat di Masa Pandemi

Paroki Sragen (LENTERA) – Saat ini kita sedang mengalami masa yang cukup sulit, bahkan tidak hanya dirasakan oleh Indonesia saja tetapi seluruh dunia juga mengalaminya. Apalagi jika bukan pandemi covid-19 ini? Karena virus yang sangat mudah menyebar tersebut dan ditambah lagi belum ditemukannya vaksin yang dapat mengobati korban akibat virus tersebut, maka korban pun semakin banyak dan semua harus tetap menjaga kesehatan untuk menghindari penularannya. Ternyata virus ini tak hanya berdampak pada kondisi kesehatan masyrakat saja, tetapi juga berdampak pada kondisi ekonomi masyrakat. Banyak dari mereka yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan, karena banyak akibat dari covid-19 ini.

OMK (Orang Muda Katolik) Paroki Sragen turut ambil bagian dan bergerak bersama untuk membantu mereka yang membutuhkan dan terdampak oleh masa pandemi ini. Dengan membuka donasi melalui daring selama bulan april lalu. OMK mengupayakan pengumpulan dana ini melalui media yang ada di tengah keterbatasan sosial yang harus tetap dijaga tentunya. Open Donasi berupa dana atau bantuan bahan pangan ini berhasil dikumpulkan oleh OMK, hingga akhirnya terkumpul dana sejumlah Rp 17.090.000,-. Dana tersebut telah dibelikan 160 paket bahan pangan dan telah didistribusikan atau dibagikan ke mereka yang membutuhkan. Tentu saja, OMK telah melakukan survey data yang benar-benar membutuhkan, dalam hal ini OMK juga turut bekerja sama dengan TIM PSE Paroki Sragen, dan bersama turut berbagi untuk mereka yang membutuhkan uluran tangan kita.

Pemberian bantuan dibagi dalam dua tahap, dimana tahap pertama telah terlaksana pada 13-14 Mei 2020 kemarin. Pada tahap pertama telah dibagikan sejumlah 160 sembako ke daerah Mondokan, Pendakan, Jetak Tani, Jetak Buruh, Mojo, Kutorejo, Sine, Karangmalang dan Sambungmacan. Tentu saja dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan standar kesehatan yang dihimbau oleh pemerintah di masa pandemi ini.

Tahap kedua dilaksanakan pada minggu terakhir bulan Mei hingga awal Juni. Perkiraan akan diadakan kembali di area Sragen dengan data yang akan di survey agar tepat sasaran dan bantuannya pun dapat langsung tersalurkan pada pihak yang membutuhkan. Harapannya, bantuan yang tak seberapa ini dapat meringankan beban mereka yang membutuhkan di masa pandemi ini. Kiranya kondisi dapat semakin membaik dan kita semua senantiasa disertai dalam keadaan apapun. (OMK)