Donasi Tahap 3: Berbagi Dalam Keterbatasan

Paroki Sragen (LENTERA) – Donasi Peduli Kasih di masa pandemi covid 19 Tahap ke-3 bersama Paguyuban OMK (Orang Muda Katolik) Sragen, FKPK (Forum Komunikasi Pelajar Katolik) Sragen dan REKAT (Remaja Katolik) Sragen telah terlaksana Jumat (13/09).

Kegiatan ini melalui banyak tahap persiapan sejak bulan Juli. Karena situasi masa pandemi covid 19 tidak memungkinkan untuk membuka usaha dana di gereja, maka tiga paguyuban anak muda tersebut stand coffe break, dan mengumpulkan rosok dari lingkungan di Paroki Sragen serta konsultasi bersama Romo.

Dengan disetujuinya donasi tahap ke-3 dan membuka stand coffe break ini, maka dengan segera, PH memberi pengumuman pada seluruh pengurus untuk mengadakan rapat membahas kesiapan stand coffe brak. Begitu dengan persetujuan romo, coffe break untuk menggalang dana usaha mulai dibuka dengan lokasi Pilangsari sebelah Utara traffic lights.

Stand ini dibuka selama 3-4 kali dan hasil digunakan untuk membeli sembako serta masker untuk donasi. Sebanyak 98 bungkus sembako akan dibagikan di dalam kota dan luar kota.Penyerahan donasi dimulai pukul 08:00 pagi, sebelum pengantaran donasi, diadakan brieffing dan doa bersama demi kelancaran donasi tahap tiga ini. Donasi dibagikan di wilayah dalam kota meliputi wilayah Paulus, wilayah Andreas, wilayah Petrus, wilayah Gabriel dan wilayah Yakobus.Untuk luar kota Ngrawoh, Jenar, dan Tangen.

Teknis pembagian untuk dalam kota setiap wilayah dipegang oleh 2 orang penanggung jawab dan 2 orang pembantu untuk membagikan donasi. Karena jarak cukup dekat, sembako dibawa menggunakan motor, tiap satu lingkungan dalam satu wilayah memberikan dua nama keluarga untuk diberikan donasi. Donasi ini diplot di rumah Ketua Lingkungan, lalu Ketua Lingkungan membantu mencari rumah warga yang terdaftar. Dengan protokol kesehatan yang ketat, kami menyerahkan donasi pada tiap keluarga dengan dibubuhi tanda tangan penerima.

Untuk wilayah luar kota sembako dibawa dengan mobil, teknis penyerahan donasi dilakukan kurang lebih sama dengan dalam kota secara menempatkan plot ditiap rumah juga dibantu dengan ketua lingkungan. Pukul 12:00 semua pembagian sudah selesai dengan lancar.

Rangkaian donasi tahap tiga yang telah terlaksana dengan lancar ini tentu tidak lepas dari berbagai pihak dan banyak dukungan. Terlebih setiap pribadi yang mau dan rela mengorbankan banyak waktu dan kepentingan lain demi donasi ini. Dukungan dari Romo Paroki, Dewan pastoral, Ketua Wilayah, dan Ketua Lingkungan. Donasi ini sebagai tahap terangkulnya persaudaraan antar remaja, pelajar, serta masyarakat luas.(OMK)