Kunjungan FKPK Sragen di Kapel Jambangan

Jambangan (LENTERA) – Forum Komunikasi Pelajar Katolik (FKPK) Paroki Sragenmengadakan program kerja rutin dolan bareng dan evaluasi di kapel St. Thomas Jambangan. Sabtu (22/05).

Program kerja yang didominan oleh Bidang 2 Tim Kerja Sosial Kemanusiaan ini tidak hanya sekedar dolan bareng dan evaluasi bersama teman-teman FKPK, namun diikuti dengan kerja bakti membersihkan Kapel St. Thomas Jambangan. Peran serta kaum muda ini memperlihatkan betapa pedulinya untuk makin menghidupi, mengembangkan serta menumbuhkan cita-cita gereja.

Diawali dengan kumpul di Gereja Paroki Sragen pukul 08.00 WIB dan dibuka dengan Doa Pembuka, berangkat pukul 09.00 WIB menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi. Sampai di Kapel Jambangan pukul 10.00 WIB lalu diawali sambutan oleh pengurus kapel yaitu Bp. Joko, beliau banyak bercerita mengenai asal-usul kapel tersebut yang merupakan peninggalan dari pahlawan Yos Sudarso yang sebelumnya diberi nama St. Yosafat sebagai pelindung kapel ini, namun dengan adanya pengajuan proposal ijin maka nama pelindung kapel tersebut berubah menjadi st. Thomas hingga sekarang.

Beliau juga mengsharingkan mengapa kapel ini tidak diketahui atau jarang diketahui oleh banyak umat, namun dengan semangat pelayanan yang masih berkobar di antara umat Jambangan, kapel ini masih mampu berdiri dengan kokoh. Kapel ini juga tidak setiap saat digunakan untuk beribadah, hanya hari tertentu saja yaitu di hari Sabtu Wage. Dan untuk ibadat-ibadat lainnya yang bersifat keluarga, maka ibadat bisa dilakukan di rumah warga.

Acara dilanjutkan dengan bersih-bersih kapel yang dibagi menjadi 3 kelompok yang berisi 7-9 orang. Dengan bagian kamar mandi, bagian dalam kapel dan luar kapel tempat untuk parkir sepeda motor. Anak-anak FKPK mengepel, menyapu dan membersihkan altar didalam kapel. Mencabut rumput, mengelap kursi dan membersihkan alat liturgis diluar kapel. Menyikat kamar mandi dan membersihkan sakristi. Kaum muda yang memiliki antusias tinggi ini, bekerja bersama saling ulur tangan dan peka akan apa yang dibutuhkan. Dari pukul 12.00-12.30 WIB, dimanfaatkan untuk waktu istirahat dan makan siang bersama.

Selesai makan siang, kaum muda diajak untuk berdinamika bersama dengan membuat tempat cuci tangan dari ember. Dapat dilihat bahwa kebersamaan dan kekeluargaan ini merupakan hasil dari kerelaan hati yang mengajak untuk memiliki kepekaan. Dari tahap awal pembuatan tempat cuci tangan yaitu melubangi ember lalu menempatkan kran dengan teliti supaya air tidak bocor. Pukul 14.30 kaum muda diajak untuk merefleksikan diri, mengevaluasi program kerja dan memperbaiki sikap 5M mengenal, mengajak, membaur, melengkapi, memiliki sesuai visi FKPK dan tak lupa pada ayat Filipi 2:2 “karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati, sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan”

Di akhir kegiatan, diadakan foto bersama dan tak lupa sayonara. Pengurus Kapel Jambangan sangat berterimakasih kepada kaum muda FKPK Sragen atas kesediaan untuk mengunjungi, menilik dan memberi perhatian pada kapel jambangan ini. Pengurus Kapel juga mengharap kehadiran untuk kedua kalinya dan akan membuka tangan lebar-lebar. Kegiatan ini juga membuahkan iman, semangat berpelayanan dalam arus milenial pada pribadi kaum muda. (FKPK)